Kompas TV nasional sosial

Mengenal Baju Adat Ende yang Dipakai Jokowi di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 10:01 WIB
mengenal-baju-adat-ende-yang-dipakai-jokowi-di-upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila-1-juni-2022
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ende saat memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022). 

Berdasarkan pantauan KOMPAS.TV dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada upacara tersebut Jokowi tampak memakai kemeja putih kebanggaannya.

Penampilannya ini dilengkapi selendang tenun berwarna merah marun yang disampirkan di pundak kanan serta kain berwarna hitam dengan garis kuning dan biru untuk bawahan.

Sebagai pelengkap penampilannya, Jokowi juga mengenakan ikat kepala berwarna oranye, serta kalung dengan bandul lingkaran besar dilehernya. 

Adapun pakaian yang dikenakan oleh Kepala Negara yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) ini merupakan baju adat Ende yang dikenal dengan nama Ragi Lambu-Luka Lesu.

Baca Juga: Jokowi Dapat Gelar dari Masyarakat Ende: Pemimpin Wilayah Indonesia Sabang-Merauke

Senada dengan Jokowi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mendampingi Jokowi pun tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.

Sebagai informasi, baju adat Ragi Lambu-Luka Lesu seperti yang dikenakan Jokowi ini merupakan baju adat pria di Ende, NTT. 

Merangkum dari berbagai sumber secara harafia ragi artinya sarung dan lambu artinya baju.

Ragi merupakan kain tenun yang biasanya didominasi warna dasar hitam atau biru kehitaman dengan motif garis vertikal ataupun horizontal. 

Ragi yang dipakai seseorang menunjukkan status dan kedudukan seseorang.

Sementara luka yakni selendang. Luka dipakai menyilang pada bahu sebelah kanan. Sedangkan lesu (destar) yang diikat di kepala.

Baca Juga: Jokowi: Kita Semua Sepakat untuk Berlandaskan pada Pancasila, Harus Betul-Betul Diamalkan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x