Kompas TV nasional update corona

Update Vaksin Merah Putih: Segera Masuk Uji Klinik Ketiga, BPOM Target Izin UEA Keluar September

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 17:35 WIB
update-vaksin-merah-putih-segera-masuk-uji-klinik-ketiga-bpom-target-izin-uea-keluar-september
Foto Ilustrasi - Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat. (Sumber: Kompas TV/Ant/Dhemas Reviyanto/foc/aa.)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Perkembangan terkini Vaksin Merah Putih. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito melaporkan Vaksin Merah Putih akan memasuki uji klinik fase ketiga pada pekan kedua Juni nanti. 

Adapun izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) Vaksin Merah Putih produksi Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia ditargetkan rilis pada September 2022.

Ia memperkirakan, uji klinik fase ketiga Vaksin Merah Putih dengan platform inactivated virus akan rampung pada Agustus mendatang.

"Estimasinya tunggu mudah-mudahan sekitar bulan Agustus bisa menyelesaikan fase ketiga, dan emergency use authorization (EUA) bisa diselesaikan pada bulan September," kata Penny dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR, Selasa (31/5/2022) yang juga dipantau KOMPAS.TV.

Untuk diketahui, pada fase uji klinik ketiga, vaksin Merah Putih akan fokus menguji kekebalan vaksin terhadap virus Covid-19 dengan jumlah sampel yang lebih besar ketimbang fase kedua.

Baca Juga: Jatuh Bangun Vaksin Merah Putih, Target Mundur hingga Rencana Ekspor ke Negara Islam

Sebelumnya, tim peneliti menghitung uji coba Vaksin Merah Putih untuk fase ketiga bakal melibatkan 3.500 relawan atau peserta.

Selain itu, Penny juga menyebut, pada uji klinik fase ketiga ini, pihaknya akan menggunakan metedologi baru sehingga bisa selesai dalam waktu cepat, yakni Agustus 2022.

"Ada metodologi yang baru sehingga akan bisa ada percepatan tidak harus melalui efikasi karena memang situasi sudah membaik dengan sudah banyak yang orang yang divaksinasi," ujarnya.

Penny berharap dengan metodologi baru tersebut, uji klinik Vaksin Merah Putih masih bisa menjaga aspek imunogenisitas.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Vaksin Merah Putih dengan dua kali pemberian suntikan ini sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Ini sudah mendapatkan sertifikat halal untuk Vaksin Merah Putih Unair dan PT Biotis," ucap dia.

Selain Vaksin Merah Putih, berikut daftar vaksin Covid-19 yang telah memperoleh seritfikat halal ialah Sinovac, Bio Farma, dan Zifivax.

Baca Juga: Ahli Epidemiologi Optimis Vaksin Merah Putih Jadi Jenjang Baru Riset Vaksin di Tanah Air



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x