Kompas TV nasional peristiwa

Sebelum Meninggal, Buya Syafii Maarif Ternyata Pernah Minta Disiapkan Areal Makam ke Dua Tokoh Ini

Kompas.tv - 28 Mei 2022, 11:35 WIB
sebelum-meninggal-buya-syafii-maarif-ternyata-pernah-minta-disiapkan-areal-makam-ke-dua-tokoh-ini
 Buya Syafii Maarif sempat memesan areal makam sebelum meninggal pada Jumat (27/5/2022) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar meninggalnya Mantan Ketua Umum Pusat Pimpinan (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii menyisakan duka di hati berbagai kalangan.

Ahmad Syafii meninggal pada Jumat (27/5/2922) pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sleman, DIY dalam usia 86 tahun.

Buya Syafii sempat dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (14/5) karena sesak napas dan mendapatkan perawatan dari tim medis.

Baca Juga: Cendikiawan Muslim Buya Syafii Maarif Berpulang, Pengurus Pusat Muhammadiyah Gelar Takziah Virtual

Sayangnya, beliau wafat dan meninggalkan kenangan yang melekat di hati para tokoh Indonesia.

Jenazah Buya Syafii disalatkan di Masjid Gedhe Kauman Kota Yogyakarta dan dimakamkan di Taman Makam Husnul Khotimah, Kulon Progo, Jumat sore.

Terkait pemakaman, setidaknya ada dua tokoh yang bersaksi bahwa Buya Syafii sempat memesan areal makam sebelum meninggal.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir yang menjadi imam salat jenazah mengatakan, Buya Syafii Maarif sudah mendapatkan firasat bahwa dirinya akan berpulang dan telah memesan tanah makam.

Pemesanan tersebut dilakukan jauh sebelum ini, tepatnya pada 24 Februari. Buya memesan tanah makam yang menjadi tempat peristirahatan terakhirnya kini.

“Pada 24 Februari yang lalu beliau kontak saya, yang mengagetkan perasaan saya, memesan makam di Makam Muhammadiyah, yakni Husnul Khatimah,” kata Haedar, Jumat.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x