Kompas TV nasional rumah pemilu

Menilik Jalan Airin yang Didukung NU DKI Jakarta Maju Pilkada 2024 Gantikan Anies Baswedan

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 17:18 WIB
menilik-jalan-airin-yang-didukung-nu-dki-jakarta-maju-pilkada-2024-gantikan-anies-baswedan
Airin Rachmi Diany ketika didoakan jadi Gubernur DKI Jakarta gantikan Anies Baswedan (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode 2010-2021, Airin Rachmi Diany, digadang-gadang sebagai kontestan paling serius untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024 menggantikan Anies Baswedan.

Lantas, bagaimana peluangnya? Apa dukungan PWNU DKI Jakarta akan memiliki pengaruh terhadap pencalonannya kelak?

Peneliti The Political Literacy, Muhammad Hanifudin menilai apa yang dilakukan Airin yang dianggap mendekat ke NU DKI sebagai upaya dirinya untuk memuluskan langkah menuju DKI-1. 

“Doa dan dukungan pengurus PWNU DKI Jakarta kepada Airin dapat dimaknai sebagai langkah publisitas politik Airin. Mengenalkan diri kepada publik untuk berkontestasi di Pilkada 2024,” ujarnya kepada KOMPAS TV pada Kamis (19/5/2022).

Airin Rachmi Diany sendiri hadir dalam Halalbihalal pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta di Kantor PCNU di Jalan Kramat Jaya Raya, Jakarta pada Selasa lalu (17/5/2022).

Airin pun didoakan oleh Rais Syuriah NU DKI Jakarta, KH Muhyidin Ishaq, untuk gantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Hanifudin, upaya Airin ini adalah hal wajar dan lumrah dalam komunikasi politik.

Apalagi, Airin sepertinya memang didorong ke DKI Jakarta ke depan dalam kontestasi pilkada 2024.

Namun demikian, lanjut Hanif, kehadiran Airin yang diterima baik dan mendapatkan doa dari pengurus PWNU DKI dapat dimaknai sebagai modal sosial dan politik Airin untuk menuju kontestasi Pilkada 2024.

“Kemauan Airin untuk mendekati simpul-simpul pemilih sedari awal ini menunjukkan peta strategi komunikasi politik Airin yang matang,” ujarnya.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x