Kompas TV nasional politik

Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik Pj Gubernur untuk 5 Provinsi

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 09:56 WIB
mendagri-tito-karnavian-resmi-lantik-pj-gubernur-untuk-5-provinsi
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik 5 Penjabat (Pj) gubernur untuk mengisi kekosongan kepala daerah yang habis masa jabatannya pada pertengahan Mei 2022.  (Sumber: Dok. Kemendagri)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik 5 Penjabat (Pj) gubernur untuk mengisi kekosongan kepala daerah yang habis masa jabatannya pada pertengahan Mei 2022. 

Pelantikan itu berlangsung di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, pada hari ini, Kamis (12/5/2022).

Kelima Pj Gubernur itu bakal bertugas di Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

Pelantikan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur yang menjabat.

Seusai pembacaan Keppres, para Pj Gubernur mengucapkan sumpah dan janji jabatan yang dipimpin oleh Mendagri.

"Demi Allah saya bersumpah, saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata mereka ketika disumpah sebagai penjabat gubernur.

Adapun mereka berlima dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 50/P/2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur yang diteken oleh Presiden Jokowi.

"Saya Mendagri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik Saudara Dr Al Muktabar sebagai Pj. Gubernur Banten, Dr Ridwan Djamaluddin sebagai Pj. Gubernur Bangka Belitung, Dr. Hamka Hendra Noer sebagai Pj. Gubernur Gorontalo, Saudara Paulus Waterpauw sebagai Pj. Gubernur Papua Barat, dan Saudara Akmal Malik sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat," kata Tito.

Baca Juga: Hari Ini Mendagri Tito Lantik 5 Penjabat Kepala Daerah Jadi Gubernur, Ini Daftarnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x