Kompas TV nasional peristiwa

H+5 Lebaran Arus Balik Pemudik Kendaraan Pribadi Belum mencapai 50 Persen

Kompas.tv - 7 Mei 2022, 22:22 WIB
h-5-lebaran-arus-balik-pemudik-kendaraan-pribadi-belum-mencapai-50-persen
Situasi arus balik Lebaran 2022 di gerbang Tol Cikarang Utama, Karawang, Jawa Barat, Sabtu malam (7/5/2022) atau H+5 Lebaran. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat arus balik hingga Sabtu (7/5/2022) atau H+5 Lebaran belum mencapai 50 persen.

Jurnalis KOMPAS TV Ni Putu Trisnanda melaporkan hingga Sabtu malam (7/5/2022), jumlah kendaraan yang melakukan transaksi di gerbang Tol Cikarang Utama (Cikatama), Karawang, Jawa Barat masih terus meningkat.

Namun kendaraan yang menuju Jabodetabek baru mencapai 642 ribu yang terhitung dari hari kedua Lebaran sampai H+5.

Baca Juga: Jalan Arteri Kalimalang Padat Imbas One Way Arus Balik Lebaran di Tol Jakarta-Cikampek

Jumlah kendaraan saat arus balik ini belum mencapai 50 persen dari total kendaraan saat arus mudik.

Diketahui total kendaraan saat arus mudik yang melintasi dari Jabodetabek menuju Tol Trans-Jawa mencapai 1,7 juta kendaraan. 

Ni Putu Trisnanda juga melaporkan dalam dua hari terakhir kendaraan yang melakukan transaksi di gerbang Tol Cikatama masih meningkat.

Pada Sabtu pagi, ada sekitar 30 ribu kendaraan yang melakukan teransaksi di gerbang Tol Cikatama.  Kemudian pada pukul 15.00 WIB ada lebih dari 64 ribu kendaraan yang sudah melakukan transaksi.

Baca Juga: Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Kapolri: Kemungkinan Malam Ini Ada 41 Ribu Pemudik Menyeberang

Pada malam ini angkanya terus meningkat dengan rata-rata per jam ada 8 ribu kendaraan yang melintas mengarah ke Jabodebek atau Bandung. 

Adapun jam padat kendaraan di gerbang Tol Cikatama dalam beberapa hari terakhir terjadi di pukul 16.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

Waktu One Way Diperpanjang

Catatan Kepolisian, di awal arus balik Lebaran 2022 jumlah kendaraan menuju Jabodetabek di jalan Tol Trans-Jawa mencapai 70 ribu kendaraan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x