Kompas TV nasional sosial

Arus Mudik Masih Tinggi, Hari Ini 15 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta Via Stasiun Pasar Senen

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 16:04 WIB
arus-mudik-masih-tinggi-hari-ini-15-ribu-orang-tinggalkan-jakarta-via-stasiun-pasar-senen
Animo masyarakat untuk mudik masih tinggi, sedikitnya ada 15.400 orang yang meninggalkan DKI Jakarta dari Stasiun Pasar Senen pada Jumat (6/5/2022).(Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta melihat animo warga untuk mudik masih tinggi pada hari keempat setelah Lebaran atau tepatnya Jumat (6/5/2022). 

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut, hal ini terlihat dari masih tingginya volume keberangkatan dari sejumlah stasiun di area Daop 1, terutama di Pasar Senen.

Menurut penjelasannya, pada hari ini, sedikitnya ada 15.400 pemudik yang meninggalkan DKI Jakarta dari Stasiun Pasar Senen.

"Volume penumpang berangkat sebanyak 15.400 (orang)" kata Eva dalam keterangannya, Jumat.

Dia menambahkan, di Stasiun Pasar Senen pihaknya telah menyiapkan 29 kereta api beroperasi, dua di antaranya merupakan kereta api tambahan.

Sementara itu, pada kurun waktu 22 April sampai dengan 6 Mei 2022 sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari stasiun di wilayah KAI Daop 1 Jakarta.

Adapun daerah tujuan yang paling banyak dituju oleh penumpang yakni beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

"Relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung," ucap dia. 

Untuk lebih memudahkan, Eva menyampaikan, bagi calon pengguna yang baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan tempat duduk dan relasi yang dipilih, serta melakukan transaksi tiket melalui aplikasi KAI Access.

Baca Juga: Wow! Penumpang KAI Wilayah Daop 8 Surabaya Diprediksi Naik Mencapai 15.000

39.300 Orang Tiba di Stasiun Area Daop 1 Jakarta

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan, angka kedatangan penumpang di stasiun area Daop 1 Jakarta sudah tinggi.

Dia menyebut, sebanyak 39.300 penumpang arus balik tiba di berbagai stasiun kereta api di Jakarta, Jumat (6/5).

"Untuk Jumat 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area daop 1 Jakarta," kata Eva.

Adapun, puluhan ribu penumpang itu tersebar di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

Menurut penjelasannya, peningkatan angka kedatangan penumpang sudah terjadi sejak 4 Mei. 

Namun, berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada 5 sampai dengan 6 Mei.

Eva mengatakan, kedatangan penumpang masih akan mengalami peningkatan hingga Selasa (10/5).

Baca Juga: Hari Ini 39.300 Orang Tiba di Stasiun Area Daop 1 Jakarta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x