Kompas TV nasional peristiwa

Bermuara di Gerbang Tol Halim, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Jelang Arus Balik

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 19:37 WIB
bermuara-di-gerbang-tol-halim-polda-metro-jaya-siapkan-rekayasa-lalu-lintas-jelang-arus-balik
Foto ilustrasi kepadatan kendaraan saat puncak arus balik. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Fakhri Hermansyah)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Gerbang Tol Halim guna mengantisipasi kepadatan saat arus balik.

Diprediksi pada puncak arus balik mendatang, Jalan Halim Perdanakusuma akan dipadati kendaraan yang akan kembali ke ibu kota.

Kepadatan itu nantinya akan bermuara di Gerbang Tol (GT) Halim pada 6-9 Mei 2022 sehingga diperlukan adanya rekayasa lalu lintas untuk mengurainya.

"Sementara, gerbangnya sedikit belum lagi kalau berlaku kebijakan one way, nanti yang sebelah kanan dipakai masuk ke Jakarta," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

"Oleh karenanya perlu rekayasa lalu lintas agar kemacetan bisa untuk diminimalkan."

"Kita sudah menyiapkan cara bertindak dan alternatifnya, sehingga mudah-mudahan kita bisa mengelola kemacetan," ungkapnya.

Tak hanya di Gerbang Tol Halim, Sambodo menambahkan, pihaknya juga fokus mengatur arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) khususnya setelah KM 66.

Apalagi Tol Japek akan menjadi salah satu tol terpadat karena akan dilalui kendaraan yang kembali dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Himbau Pemudik Untuk Kembali ke Kota Asal Lebih Dulu untuk Antisipasi Arus Balik

“Itu kan terbagi dua, 60 persen lurus ke Cikampek, 40 persen ke Bandung, 60 persen sampai Semarang itu juga terbagi lagi ada yang keluar Cirebon dan sebagainya,” ujar dia.

Rekayasa lalu lintas Lebaran 2022 ini nantinya berlaku mulai Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5) saat puncak arus balik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pernyataan resminya mengimbau masyarakat yang akan kembali ke tempat kerja untuk menghindari puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak, bapak, ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali di awal atau kembali setelah puncak arus mudik," tutur Jokowi.

Jadwal ganjil genap dan one way di jalan tol saat arus balik Lebaran 2022:

  • Jumat (6/5) pukul 14.00 sampai 24.00 WIB: mulai Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Tol Cikampek Km 47 diteruskan CB Contraflow sampai dengan KM 28.500
  • Sabtu (7/5) pukul 07.00 sampai 24.00: mulai Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Gerbang Tol Halim KM 3.500
  • Minggu (8/5) pukul 07.00 sampai Senin (9/5) pukul 03.00 WIB: mulai Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Gerbang Tol Halim Km 3.500

Baca Juga: Presiden Jokowi Pastikan Manajemen Lalu Lintas Sudah Disiapkan Antisipasi Kemacetan Arus Balik




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x