Kompas TV nasional sosial

Tinjau Pelabuhan Muara Angke, Menhub Ungkap '8 Kapal Tak Penuhi Syarat Keselamatan'

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 15:55 WIB
tinjau-pelabuhan-muara-angke-menhub-ungkap-8-kapal-tak-penuhi-syarat-keselamatan
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Sumber: Tangkap Layar Kompas Tv)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara.

Peninjauan ini untuk memeriksa aspek kelaikan kapal. Terlebih kawasan wisata Kepulauan Seribu akan banyak dikunjungi masyarakat untuk menghabiskan masa cuti Lebaran.

Menhub menjelaskan dari hasil inspeksi aspek keselamatan yang dilakukan, terdapat 23 dari 31 kapal di Muara Angke yang memenuhi syarat keselamatan dan dapat beroperasi. Sisanya delapan kapal tidak memenuhi syarat keselamatan.

Baca Juga: 35 Unit Kapal Dihiasi Lampu, Nelayan Asal Kupang Rayakan Malam Takbiran di Laut

Menhub mengingatkan kapal-kapal yang tidak memenuhi syarat keselamatan dapat memenuhi agar bisa mengangkut penumpang lagi.

Budi juga mengingatkan agar kapten kapal memantau penumpang, sebab kapal yang kelebihan muatan dapat membahayakan keselamatan. Kemudian kapten kapal diminta untuk membatasi kecepatan sesuai aturan, dan selalu memperhatikan kondisi cuaca.

Menhub turut mengapresiasi pelayanan di Pelabuhan Muara Angke yang menerapkan protokol kesehatan, menerapkan aplikasi PeduliLindungi, serta menyediakan gerai vaksinasi bagi penumpang yang belum di vaksin.

"Saya minta petugas dapat melayani masyarakat dengan sopan, ramah, namun tetap tegas. Karena saudara-saudara kita itu akan berwisata, tetapi kita jaga agar tetap berkeselamatan. Mudik aman dan mudik sehat harus dilaksanakan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Arus Balik Diprediksi pada Tanggal 6-8 Mei, Menhub : Sistem One Way Akan Berlaku

Pada kesempatan yang sama, Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke Dimyati menyebut pada masa musim mudik, terdapat kenaikan jumlah penumpang sebesar 300 persen dibandingkan hari biasanya. Pada H-1 Lebaran lalu, jumlah penumpang mendekati 2 ribu penumpang.

"Pada masa puncak seharinya bisa mencapai 3 sampai 4 ribu penumpang. Untuk mengantisipasi lonjakan, kami menyiapkan kapal-kapal cadangan," ujar Dimyati.

Pada masa mudik Lebaran tahun ini KSOP Muara Angke telah menyiapkan sebanyak 23 kapal. Dari jumlah tersebut sebanyak 18 kapal yang dioperasikan dan 5 kapal sebagai cadangan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Landa Kepulauan Seribu, Ratusan Rumah Warga Rusak Hingga 2 Nelayan Hilang

Pelabuhan Muara Angke mayoritas melayani rute ke Kepulauan Seribu. Pelabuhan ini selalu ramai pada hari lebaran, karena banyak masyarakat yang melakukan perjalanan wisata. 

Saat ini detmaga penumpang di Pelabuhan Muara Angke sudah dikembangkan lebih besar, mirip seperti terminal bandara dengan pelayanan yang lebih baik.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x