Kompas TV nasional peristiwa

5 Tradisi Unik Idulfitri di Berbagai Negara, Ada yang Mirip Indonesia

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 11:19 WIB
5-tradisi-unik-idulfitri-di-berbagai-negara-ada-yang-mirip-indonesia
Tradisi Chaand Raat di India saat idul Fitri (Sumber: Hello Pakistan Magazine via Kompas)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Momen idulfitri jadi momen istimewa untuk kumpul keluarga. Tradisi ini menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia.

Lantas, bagaimana negara-negara di berbagai merayakan idul fitri 2022 ini?

Ternyata, beberapa negara juga merayakan idulfitri dan momen istimewa seperti di Indonesia. Idulfitri rata-rata semarak dilakukan pada hari Senin 2 Mei 2022. 

Jika di Indonesia ada momen halal bi halal, misalnya, di beberapa negara berikut ini juga melakukan tradisi saling memberikan selamat, mirip seperti di Indonesia. 

Baca Juga: 4 Tradisi Takbiran Berbagai Negara: dari Pawai hingga Chaand Raat di India

5 Tradisi Lebaran di Berbagai Negara 

Pertama, Malaysia

Dikutip dari Kontan pada Selasa (03/4/2022) Negara tetangga kita, Malaysia, menyambut Lebaran dengan meriah seperti halnya di Indonesia.

Banyak umat Muslim negara ini melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri atau di Malaysia disebut dengan Hari Raya Aidilfitri bersama sanak keluarga. 

Tidak lupa, rumah-rumah dihias dengan lampu minyak bernama Pelita dan hidangan khas seperti ketupat atau pangsit beras, rendang, dan masakan lainnya. 

Tidak sedikit masyarakat Muslim Malaysia yang mengadakan acara open house, dimana tuan rumah akan menyambut siapa saja tamu yang berkunjung. 

Banyak tamu yang datang bukan hanya dari umat Islam saja, tetapi masyarakat beda agama dan status juga disambut di open house tersebut. Mirip 'kan dengan tradisi di Indonesia?

Kedua, Arab Saudi




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x