Kompas TV nasional kesehatan

5 Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Dikonsumsi Usai Santap Makanan Khas Lebaran

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 18:35 WIB
5-makanan-penurun-kolesterol-yang-bisa-dikonsumsi-usai-santap-makanan-khas-lebaran
Apa saja makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol kamu? Berapa kadar kolesterol yang normal? (Sumber: Freepik/rawpixel)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV — Ada banyak makanan khas Lebaran yang mengandung lemak di Indonesia, beberapa di antaranya seperti opor ayam, sambal goreng ati, rendang, hingga kue-kue kering.

Jika kalap menyantapnya, hati-hati kolesterol bisa tinggi. Itu sebabnya, agar kolesterol tetap terjaga baik perlu sekali diimbangi dengan makan-makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Apa saja makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol? Simak rangkumannya dari Harvard Medical School dan Healthline berikut ini.

1. Ikan

Ikan yang mengandung lemak khususnya Omega 3 baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Beberapa di antaranya seperti Ikan salmon dan makerel.

Diketahui, dua jenis ikan itu mengandung lemak baik sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol. Selain baik untuk penderita kolesterol, ikan jenis ini juga baik untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

Agar manfaatnya meningkat, panggang atau kukus ikan salmon sebelum dihidangkan. Hindari menggoreng ikan terlebih menggunakan banyak minyak.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Begini Cara Turunkan Kadar Kolesterol Tanpa Obat Menurut Ahli

2. Oats

Oats sudah lama dikenal sebagai salah satu sumber makanan sehat yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Oats dinilai baik untuk menurunkan kolesterol karena mengandung fiber yang tinggi. Selain fiber, jenis makanan ini juga tinggi akan vitamin dan mineral.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x