Kompas TV nasional peristiwa

Proses Migrasi TV Analog ke Digital Tahap 1 Dimulai di 8 Kabupaten dan Kota Hari Ini

Kompas.tv - 30 April 2022, 13:11 WIB
proses-migrasi-tv-analog-ke-digital-tahap-1-dimulai-di-8-kabupaten-dan-kota-hari-ini
Pemasangan set top box (STB) pada TV analog agar warga bisa menyaksikan siaran TV digital (Sumber: Dok. Humas Menkominfo)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memulai proses migrasi tv analog ke digital (Analog Switch Off) tahap 1, Sabtu (30/4/2022) pukul 00.00 WIB.

Bakal ada tiga tahap yang akan dilakukan untuk melakukan migrasi tv analog ke digital yang harus selesai paling lambat 2 November 2022.

“Dari total 255 wilayah siaran atau 514 kabupaten dan kota di Indonesia, sebanyak 112 wilayah siaran atau 341 kabupaten dan kota terdampak Analog Switch Off,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam siaran persnya, Jumat (29/4/2022).

Ia menyebutkan untuk tahap pertama akan dimulai di tiga wilayah siaran, yaitu Riau, NTT, dan Papua Barat, yang terdiri dari delapan kabupaten dan kota, meliputi Kota Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Kota Sorong, dan Kabupaten Sorong.

Baca Juga: Mulai Besok Siaran TV Analog Dimatikan, Ini Daftar 42 Siaran TV Digital di Wilayah Jabodetabek

Saat ini, Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI sudah menyiapkan infrastruktur multipleksing untuk Analog Switch Off di 294 kabupaten dan kota.

Sisa infrastruktur yang harus diselesaikan sebelum 2 November 2022 ada di 32 wilayah siaran (47 kabupaten dan kota).

TVRI membangun di 17 wilayah siaran dengan biaya sendiri, sementara 15 wilayah siaran lainnya dibantu melalui anggaran Kementerian Kominfo.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa terdapat 173 kabupaten dan kota yang saat ini yang tidak tersedia layanan televisi analog, sehingga tidak masuk di dalam proses penutupan siaran tv analog,” ucap Menkominfo.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x