Kompas TV nasional update

Cegah Terulangnya Tragedi Brexit Tahun 2016, Ini Upaya yang Dilakukan Kepolisian

Kompas.tv - 28 April 2022, 01:35 WIB
cegah-terulangnya-tragedi-brexit-tahun-2016-ini-upaya-yang-dilakukan-kepolisian
Satu Meja The Forum. Polisi menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalulintas untuk kelancaran mudik lebaran tahun 2022, termasuk mencegah terulangnya kembali tragedi brexit tahun 2016. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polisi menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalulintas untuk kelancaran mudik Lebaran tahun 2022, termasuk mencegah terulangnya kembali tragedi Brexit tahun 2016.

Kepala Bagian Operasi Korps Lalulintas (Kabag Ops Korlantas) Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, menyebut pihaknya berharap kejadian Brexit tahun 2016 tidak terulang.

Meski demikian, jika tragedi kemacetan di jalur pintu keluar tol Brebes Timur atau yang disebut sebagai Tragedi Brebes Exit Toll (Brexit) kembali terjadi, pihaknya sudah menyiapkan skemanya.

“Kami sudah menyiapkan skema rekayasa lalulintas, termasuk juga penjadwalan one way dan ganjil genap agar tidak ada lagi terjadi brexit,” jelasnya dalam Satu Meja The Forum Kompas TV, Rabu (27/4/2022).

“Kita tidak mengharapkan itu terjadi, tapi kalaupun ada kita sudah punya skemanya. Dulu tidak ada exit terdekat, sekarang sudah ada exit terdekat untuk kita keluarkan di arteri.”

Baca Juga: Soal Mudik Lebih Awal, Menhub: Anjuran Bapak Presiden Didengar

Eddy menjelaskan alasan mengapa keluar melalui jalur arteri.

Menurutnya, jika kendaraan berhasil keluar ke ruas jalur arteri, akan ada banyak alternatif untuk evakuasi.

“Kenapa kita keluarkan di arteri? Karena kalau masuk di arteri akan lebih banyak jalur alternatif untuk kegiatan evakuasi,” tegasnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x