Kompas TV nasional sosial

Kuota Pengiriman Motor Gratis Masih Tersedia 6.756 Slot

Kompas.tv - 26 April 2022, 20:27 WIB
kuota-pengiriman-motor-gratis-masih-tersedia-6-756-slot
Sejumlah pemudik yang mengendarai sepeda motor mulai memadati jalur Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit yang jadi akses menuju Jalur Pantura, Sabtu (23/4/2022). (Sumber: Tribun Jakarta/Bima Putra)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kuota pengiriman sepeda motor gratis (motis) selama masa mudik dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan masih tersisa 6.756 slot.

Penjelasan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulkifri, Selasa (26/4/2022).

Ia menjelaskan,  hingga kini, pengiriman angkutan bermotor  menggunakan kereta api.

Untuk mudik Lebaran tahun ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menyiapkan kuota sebanyak 9.280 untuk warga yang ingin mudik.

Baca Juga: Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Apreasiasi Pemudik yang Berangkat Lebih Awal

"Per Senin (25/4/2022), pendaftar program motis sudah mencapai 2.524 peserta dan masih tersedia 6.756 kuota angkutan motis yang masih dapat dipesan,” kata Zulkifri dalam keterangannya.

Zulfikri mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kuota motis yang masih tersedia.

Karena masih tersedianya kuota, Zulfikri mengajak masyarakat segera mendaftarkan diri untuk melaksanakan mudik lebih cepat memanfaatkan motis ini.

“Terlebih terdapat 13.800 tempat duduk yang sudah disediakan khusus untuk peserta angkutan motis dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah kehabisan tiket reguler,” kata dia.

Ia juga mengimbau agar pemudik tidak memaksakan diri menggunakan kendaraan roda dua untuk perjalanan jarak jauh.

Adapun kuota kursi yang tersedia bagi peserta motis mencakup kereta api relasi Pasar Senen- Semarang Tawang (pp), dan Pasar Senen-Purwosari (pp).

Baca Juga: Bawa Kasur ke dalam Mobil saat Mudik, Bahaya atau Tidak? Ini Penjelasannya

Sejak pertama kali diselenggarakan, lanjut Zulfikri, program motis mencatat pertumbuhan tren pelayanan yang cukup baik.

 “Pada penyelenggaraan terakhir di tahun 2019, program ini berhasil mengangkut 19.141 motor untuk 3 lintas pelayanan, naik drastis dari angka 827 motor yang terangkut pada awal penyelenggaraan di tahun 2013,” kata dia.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x