Kompas TV nasional sosial

Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Apreasiasi Pemudik yang Berangkat Lebih Awal

Kompas.tv - 26 April 2022, 20:15 WIB
tinjau-pelabuhan-merak-kapolri-apreasiasi-pemudik-yang-berangkat-lebih-awal
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau periapan mudik Levaran di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Rabu (20/4/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang mengikuti imbauan pemerintah untuk mudik lebih awal, sebelum arus puncak mudik yang diprediksi terjadi pada tanggal 28 - 30 April 2022.

Hal itu disampaikan Kapolri dalam kegiatan kunjungan kerja pemantauan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/4/2022).

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik lebih awal oleh Bapak Presiden Joko Widodo, dan telah ditindaklanjuti menteri terkait sehingga kita lihat bersama arus mudik sudah mulai terlihat. Ini hal yang baik, khususnya untuk mengurai kemacetan yang diprediksi terjadi pada puncak arus mudik pada H-4 hingga H-1 mendatang," tuturnya.

Kapolri mengatakan ada tren pergeseran arus mudik jika dibandingkan dengan kondisi normal pada tahun 2019.

Baca juga: 28 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Senen dan Gambir Hari Ini

Menurutnya, pemudik biasanya melakukan perjalanan dan memadati Pelabuhan Merak di malam hari, kini pada siang hari sudah ramai.

"Saya lihat dermaga sudah mulai penuh. Bahkan, arus mudik di Pelabuhan Merak sempat masuk situasi kuning, artinya sempat ada penyekatan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan," ujarnya. 

Kapolri menyampaikan bahwa pergeseran ini sejalan dengan minat mudik masyarakat tahun ini setelah dua tahun menunggu karena terkendala situasi pandemi Covid-19.

"Sehingga pada tahun ini diprediksikan akan terjadi lonjakan arus mudik," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi, menyampaikan bahwa sejak  Jum'at (22/4) hingga Selasa (26/4) atau H-10 sampai H-6 Lebaran, tercatat sudah 168.512 orang dan 39.406 unit kendaraan yang meninggalkan pulau Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten. 

"Dari total kendaraan dapat dirinci jumlah roda dua sebanyak 5.347 unit, roda empat sebanyak 19.549 unit, bus sebanyak 1.461 unit dan truk sebanyak 13.049 unit yang telah menyeberang dari Merak ke Bakauheni," jelas Ira.

Baca juga: Mobil Berplat Nomor Tak Sesuai Tanggal saat Penerapan Ganjil Genap akan Dikeluarkan dari Tol

Ia mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry saat Angkutan Lebaran 2022, agar mengatur perjalanan sedini mungkin dengan melakukan reservasi mandiri melalui aplikasi Ferizy.

Ada pula beberapa beberapa hal penting lain yang disampaikan Ira. Ia meminta masyarakat agar menjaga stamina kesehatan dan kendaraan tetap prima.

Selain itu, harus juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta tetap mewaspadai potensi cuaca buruk.

"Tentu menjadi harapan seluruh pihak bahwa perjalanan mudik dengan kapal ferry tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat dan selamat," ujar Ira Puspadewi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x