Kompas TV nasional peristiwa

Evaluasi Uji Coba Ganjil Genap di Tol: Masih Banyak Pemudik Lebaran 2022 yang Bingung dan Tidak Tahu

Kompas.tv - 26 April 2022, 16:25 WIB
evaluasi-uji-coba-ganjil-genap-di-tol-masih-banyak-pemudik-lebaran-2022-yang-bingung-dan-tidak-tahu
Ganjil genap di jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Sumber: ANTARA/HO-Jasa Marga)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap di jalan tol sudah mulai diterapkan sejak Senin (25/4/2022) kemarin.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Santyabudi menyampaikan, dari hasil evaluasi uji coba hari pertama itu, ternyata masih banyak warga yang belum mengetahui pemberlakuan ganjil genap di tol.

Ganjil genap diterapkan untuk mengurai kepadatan di jalan tol, pada momen mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Jadi ganjil genap kemarin ada dua hal penting yang dicatat. Yang pertama, masyarakat masih banyak yang belum tahu," kata Firman seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Penerapan Rekayasa Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek Perlu Jadi Catatan Para Pemudik!

Kemudian, terjadi kepadatan di jalur tol yang dipakai untuk mengarahkan kendaraan tak sesuai pelat ganjil genap, keluar tol ke jalur arteri.

Pengendara memacu mobilnya dengan kecepatan rendah, karena bingung dengan rekayasa lalin yang diberlakukan.

"Lalu kedua, kemarin memang sempat ada perlambatan di tempat-tempat yang akan dilakukan kegiatan manuver, karena sifatnya ganjil genap, orang bingung ganjil genap," ujar Firman.

Korlantas Polri dan pihak terkait pun akan  menggencarkan sosialisasi aturan tersebut, karena uji coba akan berlangsung hingga 27 April 2022.

Selanjutnya pada 28 April 2022, ganjil genap akan mulai berlaku.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x