Kompas TV nasional peristiwa

Kominfo Luncurkan Buku Elektronik Mudik Aman & Sehat" untuk Panduan Pemudik

Kompas.tv - 26 April 2022, 05:25 WIB
kominfo-luncurkan-buku-elektronik-mudik-aman-sehat-untuk-panduan-pemudik
Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong. (Sumber: Tribunnews.com/Choirul Arifin)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan buku elektronik Mudik Aman & Sehat 2022. Buku ini berisi panduan mudik. 

Buku yang diciptakan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kepolisian RI, Majelis Ulama Indonesia dan Satgas Covid-19.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong mengatakan buku Mudik Aman & Sehat berguna sebagai panduan masyarakat agar tidak kesulitan ketika mencari informasi dan menerapkan protokol kesehatan selama mudik.

"Buku ini kita luncurkan sebagai panduan bagi masyarakat yang ingin mudik untuk memudahkan dalam mencari informasi seputar mudik dan protokol kesehatan selama mudik dalam sebuah buku saku yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja," tulisnya dalam rilis resmi, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Priok Dipenuhi Pemudik Hingga Kendaraan Berpelat Genap Diarahkan ke Luar Tol

Usman menyatakan buku elektronik itu juga berisi nomor penting saat mudik, syarat dan aturan mudik, program mudik gratis, rencana rekayasa lalu lintas, serta protokol kesehatan.

"Beragam informasi di dalam e-book itu yang bisa di dapatkan masyarakat, termasuk sejarah tradisi mudik, dan tips tentang bugar saat mudik. Itu penting karena kita masih dalam situasi Covid-19 selama bersilahturahmi di hari Lebaran 2022," jelasnya.

Kementerian Kominfo juga telah memastikan kesiapan jaringan elektronik dan telekomunikasi selama mudik dan Lebaran 2022.

"Selain itu, dalam buku panduan mudik aman dan sehat juga kami sertakan informasi lain yang bermanfaat untuk kelancaran mudik seperti, info lalu lintas, Korlantas, dan NTMC Polri. Kemudian terkait titik vaksinasi di Tol Jagorawi, Aplikasi PeduliLindungi, dan juga peta kuliner mudik di Pulau Jawa. Sehingga pemudik bisa melakukan perjalanan mudik sembari berwisata kuliner, sekaligus ikut memajukan UMKM lokal," tuturnya.

Masyarakat dapat mengakses Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat melalui tautan https://linktr.ee/mudik2022.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x