Kompas TV nasional peristiwa

Ingat! Selama Arus Mudik, Masuk Gerbang Tol Palimanan Transaksi Dilakukan di Pintu Keluar

Kompas.tv - 25 April 2022, 13:37 WIB
ingat-selama-arus-mudik-masuk-gerbang-tol-palimanan-transaksi-dilakukan-di-pintu-keluar
Ilustrasi - Kendaraan melintas di gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat (Sumber: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa/pri)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan meniadakan transaksi pembayaran di Gerbang Tol (GT) Palimanan mulai hari ini, Senin (25/4/2022). Adapun pembayaran bisa dilakukan di pintu keluar tol, seperti di Cirebon, Brebes, dan Kalikangkung.

Menurut laporan Jurnalis KOMPAS TV Syahri Romdhon, kebijakan pembayaran ini dilakukan untuk memberi kemudahan kepada pengguna jalan agar tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas, tepatnya di Gerbang Tol Palimanan.

Artinya, para pemudik yang melintas di Gerbang Tol Palimanan hanya perlu jalan terus tanpa menempelkan kartu uang elektronik. Hal itu berlaku bagi seluruh pemudik yang masuk dari Tol Cikampek ataupun tol lain sebelum Palimanan.

Berdasarkan pantauan KOMPAS TV di lapangan, berkat kebijakan pembayaran di pintu keluar kendaraan pemudik yang melintas jadi lebih cepat dan massif.

Baca Juga: Transaksi GT Palimanan Ditiadakan, Ini Tarif Tol Cikampek-Kalikangkung Terbaru

Menurut Syahri, hal tersebut sangat berbeda dengan kondisi arus mudik pada tahun-tahun sebelumnya di Tol Palimanan yang cenderung sering terjadi kepadatan lalu lintas tepat di gerbang pintu tol.

Untuk diketahui, kebijakan tersebut berhasil memangkas waktu berhenti kendaraan untuk menempelkan kartu hingga 10-15 detik. Oleh sebab itu, pantauan arus mudik di Gerbang Tol Palimanan tepat H-7 lebaran ini masih terpantau ramai lancar sejak pagi hingga siang hari.

Meski begitu, pengelola Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) menyebutkan bahwa telah terjadi kenaikan volume kendaraan arus mudik sejak H-10 lebaran.

Pada Jumat, 22 April 2022, tercatat sudah ada 40.000 kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan. Kemudian, jumlah tersebut meningkat 6.000 kendaraan pada Sabtu, 23 April 2022.

Sementara pada Minggu, 24 April 2022, tercatat sudah ada sekitar 50.000 kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan.

Terkait kebijakan baru itu, pengelola Tol Cipali mengimbau kepada pemudik untuk menyiapkan uang elektronik yang cukup pada saat melakukan transkasi di gerbang pintu keluar tol.

Adapun dana yang harus disiapkan oleh pemudik jika masuk dari Tol Cikampek dan akan keluar di Gerbang Tol Kalikangkung ialah sebesar Rp375.000.

Baca Juga: Kuota Mudik Gratis Polda Metro Jaya Masih Tersedia, Ini Rute dan Cara Daftarnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x