Kompas TV nasional sosial

Jelang Lebaran, Rute Penerbangan Jakarta-Lubuk Linggau Kembali Beroperasi

Kompas.tv - 23 April 2022, 07:08 WIB
jelang-lebaran-rute-penerbangan-jakarta-lubuk-linggau-kembali-beroperasi
Rute penerbangan dari Jakarta ke Lubuk Linggau kembali dibuka menjelang hari raya Idul Fitri 2022. Rute ini sempat berhenti dioperasikan akibat pandemi Covid-19. (Sumber: Kemenhub)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rute penerbangan dari Jakarta ke Lubuk Linggau, Sumatera Selatan kembali dibuka menjelang hari raya Idul Fitri 2022. Rute ini sempat berhenti dioperasikan akibat pandemi Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, sejumlah penumpang pesawat rute tersebut mengaku senang dengan dibuka kembalinya rute itu.

Hal itu disampaikan Budi pada Jumat (22/4), seusai mengikuti penerbangan perdana penerbangan tersebut dari Bandara Soekarno Hatta menuju ke Bandara Silampari, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Budi menyebut dirinya sempat berbincang dengan penumpang di dalam pesawat dan menanyakan tanggapan penumpang tentang dibukanya kembali rute ini.

“Mereka senang sekali, setelah sempat tidak beroperasi akibat pandemi. Tentu kita mengucap syukur alhamdulillah dengan dibukanya kembali penerbangan ini," ucapnya, dikutip dari keterangan tertulis Kemenhub.

Baca Juga: Kemenhub Buka Program Angkutan Motor Gratis untuk Pemudik, Ini Kuota dan Cara Daftarnya

Dia menambahkan, Bandara Silampari, Lubuk Linggau menjadi penghubung beberapa kabupaten di sekitarnya.

Sejumlah daerah tersebut antara lain Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Pagar Alam, Lahat, dan Muara Enim.

“Kami terus berkomitmen menjaga konektivitas antar wilayah di Indonesia,” ujar Menhub.

Budi juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Lubuk Linggau, Bupati Musi Rawas, Bupati Musi Rawas Utara, beserta DPR RI yang telah mendukung dibukanya kembali rute penerbangan ini.

“Mari kita bersinergi bersama memajukan Sumatera Selatan,” imbuh Budi.

Sementara, Wali Kota Lubuk Linggau SN Prana Putra Sohe menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub dan pihak terkait, yang telah membuka kembali penerbangan dari dan ke Lubuk Linggau.

“Diharapkan pembukaan kembali penerbangan ini dapat memudahkan pergerakan masyarakat dan dapat menggeliatkan kembali perekonomian di Lubuk Linggau dan sekitarnya,” jelasnya.

Baca Juga: Jubir Kemenhub soal Tol Gratis jika Macet 1 Km: Keputusan Akhir di Kepolisian

Untuk diketahui, penerbangan perdana rute tersebut dilayani oleh maskapai penerbangan Batik Air rute Cengkareng-Lubuk Linggau, dengan jumlah penumpang sebanyak 155 orang.

Sementara rute penumpang dan rute Lubuk Linggau - Cengkareng sebanyak 111 orang penumpang.

Bandara Silampari sempat tidak beroperasi sejak tanggal 30 Oktober 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x