Kompas TV nasional kesehatan

Salah Kaprah Tren Healing Identik dengan Staycation, Ini Kata Psikolog UGM

Kompas.tv - 16 April 2022, 15:32 WIB
salah-kaprah-tren-healing-identik-dengan-staycation-ini-kata-psikolog-ugm
Ilustrasi self healing. Psikolog UGM Galang Lufityanto mengidentifikasi konsep healing dengan staycation adalah salah kaprah. (Sumber: bempsiunisba.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kaum muda kerap mengindentikkan healing dengan berlibur atau staycation. Padahal, identifikasi konsep healing dengan staycation adalah salah kaprah.

Menurut psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Galang Lufityanto, healing adalah proses penyembuhan diri secara psikologis. Artinya, healing membuat proses psikologis manusia menjadi sehat kembali.

Healing harus disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (16/4/2022).

Ia mencontohkan, liburan atau staycation bisa menjadi pilihan healing jika persoalan yang dihadapi terkait padatnya pekerjaan sehingga tidak punya waktu untuk beristirahat.

Baca Juga: Bagaimana Mencuci Piring Bisa Menjadi Cara Healing yang Ampuh?

Galang menyarankan orang untuk mencari lebih dulu akar permasalahannya dan menentukan cara healing. Misal, orang yang memiliki masalah dengan rekan kerja atau atasan, maka healing dengan liburan atau staycation tidak pas karena terkesan melarikan diri dari masalah.

Ia menyebutkan, ada berbagai cara untuk healing. Tidak harus selalu dengan berlibur atau staycation di hotel mahal. Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan tanpa harus pergi jauh dan mengeluarkan banyak biaya.

Salah satunya, mindfulness. Teknik ini melatih fokus untuk memahami diri sendiri dengan apa yang dirasakan dan dialami. Misal, melakukan relaksasi seperti meditasi atau mengatur pernafasan.

Kedua, healing bisa dilakukan dengan journaling yang bermanfaat dalam mengekspresikan atau mencurahkan tentang apa yang dirasa maupun dipikirkan.

Psikolog UGM, Galang Lufityanto memaparkan konsep healing yang kerap salah kaprah dengan staycation (Sumber: dok Humas UGM)

“Teknik ini bisa dilakukan dengan cara konvensional seperti menulis jurnal harian. Bisa juga dilakukan dengan journaling estetik seperti doodling, melukis, dan mewarnai,” tuturnya.

Galang menyampaikan healing ini perlu direncanakan dan jangan bersifat implusif. Selain itu, healing sebaiknya dilakukan dengan memerhatikan sumber daya yang dimiliki, jangan sampai memberatkan sisi keuangan atau waktu.

Baca Juga: Tulus Ciptakan Lagu Self-Healing, Berdamai dengan Diri Lewat Album "Manusia"

Mirip dengan healing, kegiatan refreshing bukan berarti identik dengan kata liburan. Namun bisa dilakukan dengan membuat proyek-proyek kecil di rumah. Misal, mengerjakan hobi seperti mendesain, memasak, menjahit, dan lainnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x