Kompas TV nasional berita utama

Mengenal Ketua KPU Baru Hasyim Asyari, Pernah Berkiprah di MUI dan Banser

Kompas.tv - 13 April 2022, 10:30 WIB
mengenal-ketua-kpu-baru-hasyim-asyari-pernah-berkiprah-di-mui-dan-banser
Ketua KPU Periode 2022-2027 Hasyim Asyari (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), badan penyelengara pelaksanaan pemilu,  kini telah memiliki komisioner baru yang bertugas hingga 2027.

Dipimpin oleh Ketua Hasyim Asy’ari, KPU RI akan segera menetapkan peraturan KPU tentang tahapan Pemilu 2024.

“Dalam rangka untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pemilu tahun 2024 akan berjalan sesuai dengan rencana jadwal yang telah ditentukan,” ucap Hasyim di Istana Negara, Selasa (13/4/2022).

Hasyim Asy’ari, bukanlah sosok baru di KPU. Dalam rekam jejaknya, Hasyim Asy’ari tercatat memperkuat KPU sejak 2003.

Saat itu, Hasyim Asy’ari menjadi Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah hingga 2008. Langkahnya di KPU terus berkembang, ia bergabung dengan KPU RI tahun 2016 untuk mengisi jabatan kosong karena Ketua KPU Husni Kamil Malik,  meninggal dunia.

Baca Juga: Resmi Jabat Anggota KPU, Hasyim Asyari: Kami Segera Konsolidasi Internal, Besok Raker dengan DPR

Kemudian, Hasyim Asy’ari melanjutkan eksistensinya di KPU periode 2017-2022 yang dipimpin Ilham Saputra. Bidang yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya Hasyim adalah penanganan hukum.

Kini, Hasyim Asy’ari terpilih menjadi Ketua KPU RI periode 2022-2027. Ia diperkuat dengan enam komisioner lainnya untuk bisa menjadi pelaksana penyelenggara pemilu 2024.

Antara lain yaitu, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Sebelum mengabdi di KPU RI, Hasyim Asy’ari adalah seorang dosen Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang.

Catatannya sebagai akademisi, juga ditorehkan Hasyim yang menjadi Dosen pada Program Doktor Ilmu Kepolisian, Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Lembaga Pendidikan dan Latihan Kepolisian Republik Indonesia (Lemdiklatpolri), Jakarta. Ia memberikan mata kuliah, Analisis Strategi Keamanan.

Baca Juga: Dilantik Jokowi, Anggota KPU Bawaslu Janji Bekerja Sebaik-baiknya untuk Suksesnya Pemilu 2024




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x