Kompas TV nasional peristiwa

Dear Warga Tangerang, Cek Link Ini untuk Dapatkan Info Program Mudik Gratis

Kompas.tv - 13 April 2022, 04:25 WIB
dear-warga-tangerang-cek-link-ini-untuk-dapatkan-info-program-mudik-gratis
Foto ilustrasi. Petugas Kementerian Perhubungan tengah melepas keberangkatan bus yang melayani mudik gratis. (Sumber: KOMPAS.COM/Anggita Muslimah)
Penulis : Gading Persada

TANGERANG, KOMPAS.TV - Teruntuk warga Kota Tangerang, Banten yang akan melakukan perjalanan mudik pada tahun 2022 ini.

Tak perlu gusar, pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) setempat sudah membuka posko validasi bagi warga yang hendak mengikuti program mudik Lebaran gratis.

Warga yang akan mudik pun dipersilakan mendaftar melalui website yang sudah disediakan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Wahyudi Iskandar menyebut, pihaknya juga sudah membuka posko validasi data warga yang akan mudik gratis di Kantor Dishub setempat sejak Senin (11/4/2022).

Adapun warga Tangerang bisa mendaftarkan diri sebagai peserta mudik gratis melalui situs https://mudikgratishubdat.dephub.go.id/

Setelah mendaftar secara online, calon peserta diminta untuk memvalidasi data diri mereka di posko di kantor Dishub Kota Tangerang.

Baca Juga: Pemprov DKI Sediakan Ratusan Bus untuk Program Mudik Gratis ke 5 Provinsi

"Akan banyak masyarakat yang mengakses website tersebut. Warga diimbau untuk terus mencoba sampai ada informasi dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan) jika kuota sudah penuh," papar Wahyudi dalam keterangannya, Selasa (12/4).

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/4), Wahyudi menyebut, pihaknya hanya memfasilitasi lokasi posko validasi data dan keberangkatan yang menurut rencana berangkat pada 28 April nanti dari Terminal Poris Plawad.

Petugas Dishub Kota Tangerang bakal mengecek protokol kesehatan yang diterapkan di angkutan bagi peserta mudik gratis. Petugas juga melakukan ramp check di terminal tersebut. 

"Dishub akan berusaha memastikan semua kendaraan pemudik dalam keadaan sehat atau aman dan layak digunakan, sehingga pemudik dapat pulang kampung dalam keadaan sehat dan aman hingga kota tujuan," tuturnya.

Disebutkan pula, ada 1.200 kursi yang disediakan untuk peserta program mudik gratis di Kota Tangerang.

Baca Juga: Ganjar Kembali Adakan Mudik Gratis Lebaran ke Jawa Tengah, tapi Terbatas

14 kota tujuan mudik gratis

Program mudik gratis melayani perjalanan menuju 14 kota tujuan. Beberapa di antaranya adalah Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, dan Wonosobo.

Program mudik gratis tersebut adalah program Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pendaftaran dibuka mulai 10-24 April 2022. Kendati demikian, penutupan pendaftaran bisa saja dilakukan lebih cepat apabila kuota telah penuh. 

Rencananya, jadwal keberangkatan mudik gratis 2022 akan dilaksanakan selama dua hari, yakni 28-29 April 2022 pukul 10.00 WIB. 

Pemberangkatan mudik akan dilakukan melalui 5 terminal, yakni Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kampung Rambutan di Jakarta, Terminal Poris Plawad, Terminal Baranangsiang di Kota Bogor, dan Terminal Jati Jajar di Kota Depok.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x