Kompas TV nasional politik

Istana: Reshuffle Hanya Presiden yang Tahu, tapi Kabinet Sudah Optimal

Kompas.tv - 9 April 2022, 21:25 WIB
istana-reshuffle-hanya-presiden-yang-tahu-tapi-kabinet-sudah-optimal
Presiden Joko Widodo (Sumber: Kompas TV/Nurul)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS. TV – Isue perombakan atau reshuffle kabinet kembali mengemuka pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menteri-menterinya agar tidak lagi menyuarakakan penundaan pemilu atau perpanjangan jabatan presiden.

Namun, menanggapi ini staf khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menyebut reshuffle kabinet hanya Presiden Jokowi sendiri yang mengetahuinya.

“Soal reshuffle hanya presiden yang tahu kapan waktu paling tepat, jadi ataupun tidak,” terang Faldo dalam pernyataan video yang diterima Kompas.TV, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Pengamat: Publik Tunggu Jokowi Reshuffle Menteri yang Ngotot Tunda Pemilu dan Jabatan 3 Periode

Namun, menurut Faldo, kabinet Indonesia Maju saat ini sudah bekerja dengan cukup optimal.

“Tim yang sudah ada hari ini sudah bekerja dengan optimal meskipun perlu evaluasi yang terus dilakukan rutin,” paparnya.

Dia mengatakan, permintaan tegas presiden kepada para menterinya soal penghentian wacana perpanjangan jabatan masa presiden, merupakan gambaran bahwa presiden mengedepankan penyelesaian solusi masalah-masalah bangsa.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Indonesia Maju | News Or Hoax

“Kemarin adalah pengingat untuk para pembantu presiden untuk selalu berada di Jalur yang tepat menyelesaikan permasalahan permasalahan dan tantangan tantangan yang akan dihadapi,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa isu reshuffle bukan saja mengemuka pasca Jokowi menegur menterinya.

Namun, isue perombakan kabinet juga kerap muncul pada tanggal-tanggal tertentu, terutama ketika publik mengaitkannya dengan kebiasaan adat Jawa.

Baca Juga: Peneliti BRIN: Sudah Saatnya Jokowi Reshuffle, Ekonomi Lesu Sekali dan Pendidikan Tidak Memuaskan

“Misal Setiap Rabu Pon teman-teman media langsung tanya reshuffle, saya pun kadang-kadang tidak paham kapan Rabu Pon karena saya tidak punya kalender,” paparnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x