Kompas TV nasional sosial

Marak Terjadi Tawuran Selama Ramadan, Sosiolog UNS Solo Jelaskan Penyebabnya

Kompas.tv - 6 April 2022, 21:06 WIB
marak-terjadi-tawuran-selama-ramadan-sosiolog-uns-solo-jelaskan-penyebabnya
Foto Ilustrasi. Polsek Bantul menangkap tujuh orang pemuda yang dicurigai akan melakukan tawuran dengan perang sarung, Rabu (6/4/2022). Sosiolog Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Drajat Tri Kartono mengungkap penyebab maraknya tawuran saat Ramadan. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tawuran yang melibatkan sejumlah remaja terjadi di berbagai daerah selama bulan suci Ramadan. Sosiolog dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Drajat Tri Kartono ungkap penyebabnya.

Sebelumnya, sejumlah aksi tawuran yang marak saat Ramadan tersebut di antaranya terjadi di Kota Semarang, saat menjelang sahur pertama pada Minggu (3/4/2022) dini hari.

Dalam kejadian itu, polisi telah mengamankan sembilan remaja.

Aksi tawuran lain terjadi di Gang Ayat, Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi sehari kemudian, Senin (4/4), yang terekam oleh kamera CCTV.

Dalam rekaman tersebut, mereka bentrok dan saling serang menggunakan sarung sebagai senjatanya. Seorang remaja sempat terjatuh yang kemudian langsung ditendang dan disabet menggunakan sarung.

Baca Juga: Polisi Gagalkan Aksi Tawuran Perang Sarung di Bantul Jelang Sahur

Sementara, di Tuban, aksi tawuran yang terjadi pada Minggu (3/4) bahkan menyebabkan seorang remaja dilarikan ke rumah sakit.

Aksi itu diawali saling ejek antar-remaja di lokasi tersebut sambil mengisi waktu pagi di awal puasa.

Drajat Tri Kartono yang juga sosiolog dari UNS Solo ini menyebut tidak ada hubungan langsung antara tawuran dan bulan Ramadan.

Tetapi, tawuran yang terjadi di bulan Ramadan memang disebabkan adanya pertemuan-pertemuan yang tidak langsung atau dalam sosiologi disebut eclective affinity.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x