Kompas TV nasional politik

Puan Minta Penyaluran BLT Pekerja dan UMKM Tepat Sasaran

Kompas.tv - 6 April 2022, 20:56 WIB
puan-minta-penyaluran-blt-pekerja-dan-umkm-tepat-sasaran
Puan Maharani disebut sebagai negarawan oleh relawan Gema Puan. (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pekerja dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat disalurkan dengan tepat sasaran. 

Selain itu, distribusi bantuan dana tersebut berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kami memberi apresiasi atas komitmen pemerintah melanjutkan subsidi upah yang diberikan sebagai bantuan saat pandemi Covid-19. Pastikan agar BSU diterima bagi mereka yang berhak menerimanya,” kata Puan, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga: BLT UMKM Cair Lagi Tahun Ini, Rp600.000 Untuk 12 Juta Penerima

BLT untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan direncanakan akan disalurkan bulan April ini dengan besaran senilai Rp1 juta. 

Ia menilai subsidi upah akan membantu para pekerja yang kesulitan secara ekonomi, khususnya akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, validasi data penerima mutlak dilakukan. 

“Hindari missed saat verifikasi data. Jangan sampai ada pekerja yang seharusnya menerima bantuan jadi tidak masuk karena kesalahan teknis penginputan data,” ujarnya. 

Program BLT pekerja tahun 2022 pun disebut akan diteruskan melalui skema Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) untuk korban pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Ia mengimbau Pemerintah untuk menjelaskan lebih lanjut seperti apa realisasi penyaluran subsidi upah dengan skema JKP tersebut. 

“Apakah ini artinya penerima mendapat BSU melalui program yang ada di JKP atau tetap mendapat bantuan tunai seperti sebelumnya? Kami minta Pemerintah dapat memberikan penjelasan secara mendetil,” katanya.

Ada juga bantuan untuk pelaku UMKM tahun ini dengan besaran Rp600.000 per orang.

Ia menyebut bantuan ini akan semakin menunjang pemulihan ekonomi nasional.

Karenanya, bantuan yang disalurkan tepat sasaran sehingga alokasi anggaran yang dikeluarkan tepat guna. 

Baca Juga: BLT Minyak Goreng Cair Bareng BPNT-Bansos PKH, Totalnya Rp500.000

"Tentunya teman-teman pelaku UMKM akan bisa memanfaatkan bantuan tersebut sebagai tambahan modal, dan kita berharap UMKM Indonesia bisa semakin bangkit kembali,” kata Puan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x