Kompas TV nasional kesehatan

Polda Metro Jaya Gelar Vaksinasi Booster di DKI Jakarta, Target Sehari Seribu Vaksin

Kompas.tv - 3 April 2022, 23:04 WIB
polda-metro-jaya-gelar-vaksinasi-booster-di-dki-jakarta-target-sehari-seribu-vaksin
Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19.  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya membuka beberapa gerai vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster di DKI Jakarta. Salah satu gerainya di Stasiun Pasar Senen yang ramai diserbu warga.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berharap dengan dibukanya sebanyak 336 gerai vaksinasi booster di DKI Jakarta bisa dimanfaatkan agar masyarakat bisa melakukan perjalanan dengan aman.

Fadil mengatakan meski di stasiun, vaksinasi ini bisa diperoleh bagi masyarakat umum yang tak memiliki tiket kereta api.

Baca Juga: Bulan Ramadan, Vaksinasi Covid-19 di Bantul Jalan Terus

"Tak perlu memiliki tiket kereta api, yang mau (vaksin) booster datang langsung booster. Ini untuk semua, mereka ke sini bukan sekadar ingin naik kereta, tapi kalau jadi syarat ya silakan," tuturnya kepada Kompas TV, Minggu (3/4/2022).

Program Vaksinasi Merdeka ini diharapkan mudik lebaran mendatang masyarakat jauh lebih aman dari penyebaran Covid-19.

Selain itu, Fadil melanjutkan agar warga tak perlu ragu untuk menerima vaksinasi di tengah ibadah puasa.

"Ada fatwa dari Kementerian Agama yang menyebutkan bahwa vaksin tidak membatalkan puasa. Mulai besok Polda Metro Jaya akan melaksanakan vaksinasi secara masif. Strategi siang hari dan malam hari. Masyarakat tidak perlu pilih-pilih vaksin, semua sama," ujarnya.

Baca Juga: Manfaatkan Ramadan, Pemerintah Buka Vaksinasi di Masjid Buat Jemaah Salat Tarawih

Sebelumnya target untuk Vaksinasi Merdeka ini jelas Fadil adalah 500 vaksin per hari. Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi target bertambah menjadi 1.000 per hari.

"Target 500 vaksin per hari, tapi kami sesuaikan kalau masyarakat banyak, kami tambah seperti di Gelora Bung Karno (GBK) target tadinya 500 jadi 1.000 kami tambah," lanjut Fadil.

Dilansir dari Tribun News, Fadil menargetkan, 143 ribu warga di wilayah hukum Polda Metro Jaya sudah tervaksinasi booster setiap harinya.

Sehingga ketika musim mudik mendatang, minimal 70 persen warga yang berdomisili di wilayah Jakarta sudah tervaksinasi booster.

Baca Juga: Aturan Terbaru! Pelaku Perjalanan Dalam Negeri yang Belum Dapat Vaksin Booster Wajib Tes Covid

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster, tak perlu melakukan pendaftaran khusus.

Peserta cukup membawa kartu vaksin yang menunjukkan dirinya telah divaksin dua kali atau vaksin wajib dan datang langsung ke titik gerai vaksin yang tersebar di DKI Jakarta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x