Kompas TV nasional agama

Apa Itu Sidang Isbat dan Kapan Akan Digelar?

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 19:47 WIB
apa-itu-sidang-isbat-dan-kapan-akan-digelar
Ilustrasi tim rukyatul hilal (pemantauan bulan sabit) untuk penetapan awal puasa Ramadan. NU Nganjuk memutuskan awal puasa jatuh pada 2 April 2022, meski begitu untuk dijadikan pedoman harus menunggu sidang isbat. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang Isbat adalah sidang yang digelar untuk menentukan atau menetapkan awal bulan baru di kalender Hijriah. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya Kementerian Agama RI juga akan kembali memggelar Sidang Isbat untuk menentukan kapan tibanya 1 Ramadan 1443 Hijriah.

Tahun ini, Kemenag akan menggelar Sidang Isbat pada Jumat (1/4/2022) mulai pukul 17.00 WIB. 

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Sidang Isbat digelar setiap tahunnya sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Sidang Isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah. 

Pada Sidang Isbat tahun ini akan digelar selama tiga sesi. 

Pertama akan dilakukan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. 

Sesi tersebut bisa disaksikan secara live streaming melalui YouTube Bimas Islam. 

Baca Juga: Potensi Beda Awal Puasa Ramadan 2022 Jelang Sidang Isbat, Ini Penjelasannya

Di sesi kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. 

Selain data hisab (informasi), Sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia. 

Terakhir akan diumumkan hasil Sidang Isbat yang disiarkan oleh TVRI dan saluran media sosial milik Kemenag. 

Selain melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya juga akan hadir dalam Sidang Isbat penetapan 1 Ramadan 1443 Hijriah. 

Sejarah Sidang Isbat




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x