Kompas TV nasional peristiwa

Delegasi G20 Bakal Kunjungi Destinasi Wisata di Solo, Mana Saja?

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 16:37 WIB
delegasi-g20-bakal-kunjungi-destinasi-wisata-di-solo-mana-saja
Salah satu lokasi yang akan dikunjungi delegasi G20 di Kota Solo, Jawa Tengah. (Sumber: pariwisatasolo.surakarta.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV — Sebanyak 41 delegasi dari negara-negara anggota Group of Twenty (G20) dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Solo, Jawa Tengah.

Destinasi wisata yang akan dikunjungi delegasi G20, yaitu Museum De Tjolomadoe, Loji Gandrung, Batik Danar Hadi, dan Puro Mangkunegaran.

Dibalut dalam agenda Solo City Tour, menurut Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina, kunjungan wisata ini akan dilaksanakan pada Kamis, 31 Maret 2022.

"Kan ada city tour sebentar di tanggal 31 Maret, nah itu (para delegasi G20) mampir ke Loji Gandrung. Ke Batik Danar Hadi juga, hanya dua pemberhentian," kata Kristina seperti dikutip Tribunsolo.com, Selasa (29/3/2022).

Ia juga mengonfirmasi, kunjungan delegasi G20 ke Museum De Tjolomadoe hanya sekadar welcome reception dan batal melakukan workshop di bekas pabrik gula tersebut.

"Nggak jadi (workshop di De Tjolomadoe), hanya welcome reception saja," ucapnya.

Baca Juga: Solo Jadi Tuan Rumah G20, Gibran Pastikan Pemkot Tidak Keluarkan Biaya untuk Sambut Tamu

Tak hanya ke De Tjolomadoe, para delegasi akan melakukan city tour ke Loji Gandrung dan Batik Danar Hadi.

Bahkan, menurut Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Eko S.A. Cahyanto, para delegasi juga diajak untuk menikmati keindahan Kota Solo dengan menggunakan kereta uap Jaladara.

Selanjutnya, para tamu akan diundang dalam Gala Dinner di Pura Mangkunegaran dengan disambut oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga K.G.P.A.A. Mangkunagoro X.

Nantinya para delegasi, kata Eko, akan disuguhkan dengan beberapa penampilan kesenian tradisional, salah satunya wayang.

"Para tamu akan diajak menikmati beberapa penampilan, termasuk pertunjukan kesenian tradisional fragmen wayang yang mengangkat tema perlunya kebaikan dan kerja sama untuk lepas dari keburukan dan keterpurukan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara dan satu kawasan ekonomi, Uni Eropa.

Negara-negara tersebut di antaranya, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia. Kemudian, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Adapun Solo dipilih menjadi tuan rumah dalam pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 yang diselenggarakan mulai Selasa (29/3). Selain Solo, daerah lain yang menjadi lokasi helatan G20 antara lain yakni Yogyakarta dan Bali.

Di Solo, delegasi G20 membahas tiga isu utama terkait perdagangan dan investasi, seperti peran sistem perdagangan multilateral untuk akselerasi pencapaian sustainable development goals (SDGs), perdagangan digital dan rantai nilai global berkelanjutan (Sustainable Global Value Chain/GVCs) yang berkelanjutan, serta industrialisasi inklusif yang berkelanjutan melalui Industri 4.0.

Baca Juga: Rangkaian G20 Sambangi Solo, Gibran dan Mangkunagoro X bersihkan Pura Mangkunegaran

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x