Kompas TV nasional sosial

Kebutuhan Ikan selama Ramadan hingga Lebaran Diprediksi 2,64 Juta Ton, Segini Stok Ikan yang Ada

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 19:30 WIB
kebutuhan-ikan-selama-ramadan-hingga-lebaran-diprediksi-2-64-juta-ton-segini-stok-ikan-yang-ada
Ilustrasi. Suasana transaksi jual beli ikan di tempat pelelangan ikan Eretan Kulon, Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Senin (23/8/2021). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Prediksi kebutuhan ikan selama periode Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri 2022 sebesar 2,64 juta ton, sementara perkiraan ketersediaan ikan pada periode itu sebanyak 2,99 juta ton.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Dia memastikan stok komoditas perikanan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Idulfitri 2022.

Selain stok yang mencukupi, harga ikan juga diperkirakan stabil pada pekan kedua puasa hingga menjelang Lebaran.

Hal itu disampaikan berdasarkan prognosa atau perkiraan tahun 2022 tentang kebutuhan ikan dan ketersediaannya selama periode tersebut, dengan memperhatikan pola musim penangkapan dan produksi budidaya.

“Dengan demikian, prognosa pasokan ikan diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri tahun 2022,” ujar Sakti Wahyu Trenggono.

Baca Juga: Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Bumbu Dapur di Pasar Tradisional Naik!

“Merujuk kondisi tiga tahun terakhir, pasokan dan ketersediaan ikan menjelang Ramadan dan Idulfitri juga selalu mencukupi,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan tertulis KKP.

Dia menambahkan, berdasarkan survei, beberapa kota besar menunjukkan kemungkinan terjadinya peningkatan harga komoditas ikan penting seperti bandeng, cakalang, kembung, lele, nila, patin, tenggiri, dan tongkol sebesar 5-10 persen pada minggu pertama puasa.

Hal ini disebabkan tingginya permintaan ikan dan kebiasaan nelayan yang tidak melaut untuk menyambut awal bulan Ramadan.

Selanjutnya pada minggu kedua puasa hingga menjelang Lebaran, harga ikan akan kembali stabil.

Permintaan pasar akan ikan akan mengalami penurunan di saat Lebaran, dan kembali stabil pada H+3 lebaran.

Selanjutnya, H+7 lebaran, peningkatan permintaan akan kembali terjadi, untuk keperluan horeka (hotel, restoran, dan kafe) serta oleh-oleh.

“Apabila dibandingkan dengan produk substitusi protein selain ikan seperti telor dan daging ayam, harga komoditas perikanan menjelang Ramadan dan Idulfitri masih kompetitif dan memiliki ragam pilihan, selain ikan memiliki kadar protein yang tinggi dan omega 3,” paparnya.

Baca Juga: Manfaatkan Momen Jelang Ramadan, Reza Artamevia Berdoa Minta Jodoh

Meski demikian, untuk menjaga pasokan dan harga ikan tetap kompetitif, khususnya pada H+1 sampai dengan H+7 puasa dan saat Lebaran sampai dengan H+7 Lebaran, pasokan ikan akan disuplai dari stok yang ada di gudang beku dan perikanan budidaya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x