Kompas TV nasional aiman

Begini, Progres Pembangunan IKN | Aiman

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 21:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPAS.TV - Prosesi Kendi Nusantara yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Senin (14/3), menandai dimulainya pembangunan Ibu Kota baru, Nusantara (IKN). Penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi di Indonesia dalam satu wadah kendi, dilakukan di Titik Nol IKN. Titik Nol ini akan menjadi “benchmark” atau tanda dalam pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). KIPP nantinya akan menjadi lokasi objek vital strategis, seperti Istana Negara dan kantor pusat pemerintahan.  

Bagaimana kondisi dan gambaran Nusantara? Jurnalis senior Kompas TV, Aiman Witjaksono, menelisiknya.  

Menggunakan mobil, Aiman bertolak dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, menuju Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, tempat Titik Nol berada. Didampingi Bupati PPU, Hamdam, Aiman menyusuri proyek-proyek strategis, seperti jalan, jembatan, dan bakal lokasi Istana Negara yang nantinya ada di atas bukit. Proyek ini tertutup untuk umum, Penjagaan di sanapun ketat. Bahkan sudah dibangun Posko dari Kodam Mulawarman. 

Meski terus berjalan, riuh pro dan kontra, apakah pembangunan Nusantara akan selesai pada 2024 mendatang? Bagaimana masalah pembebasan tanah dan potensi konflik sosial yang menyertainya? Aiman juga membahasnya bersama peneliti kebijakan publik dari Universitas Indonesia, Agus Pambagio. 

Saksikan AIMAN episode “Titik Nol, Jelang Pindah Ibu Kota” 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x