Kompas TV nasional sosial

Sejak 2019 Anies Gelontorkan Rp149 Miliar Buat Bantu Rumah Ibadah Seluruh Agama

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 18:15 WIB
sejak-2019-anies-gelontorkan-rp149-miliar-buat-bantu-rumah-ibadah-seluruh-agama
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Kelenteng Hian Thian Siang Tee Bio, Jakarta Pusat, Selasa (1/2/22). Anies dianggap salah satu tokoh yang akan dipilih pemilih muslim di Pilpres 2024 mendatang (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Total sebanyak Rp149 miliar telah disalurkan Pemprov DKI Jakarta untuk bantuan dana perbaikan serta pembangungan rumah ibadah.

Dana tersebut dikeluarkan setelah dua tahun atau mulai tahun 2019 saat Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Aceng Zaeni menjelaskan besarnya dana bantuan ini sebagai komitmen Pemprov DKI dalam menciptakan keadilan serta kesetaraan umat beragama dalam menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga: Pemprov DKI Tambah Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin, Anies: Silakan Dimanfaatkan Bersama Keluarga

Menurut Aceng tiap tahun dana bantuan untuk rumah ibadah terus meningkat. Tak hanya itu, jumlah rumah ibadah berbagai umat beragama di Jakarta yang dibantu Pemprov DKI juga semakin meningkat.

Dalam catatannya ada peningkatan dana bantuan dan jumlah rumah yang mendapat bantuan di kepemimpinan Anias Baswedan di tahun 2019 hingga 2022. 

Di tahun 2022 ini, misalnya, Pemprov DKI menargetkan 65 rumah ibadah berbagai umat beragama yang akan dibantu untuk perbaikan.

"Untuk hibahnya sebesar Rp 11 miliar. Digunakan untuk renovasi pembangunan rumah ibadah," ujar Aceng dalam pesan tertulisnya, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Anies Resmikan GKI Puri Indah: Hadir Penyebar Kedamaian dan Keteduhan

Lebih lanjut, Aceng menjelaskan untuk program bantuan operasional tempat Ibadah atau BOTI, Pemprov DKI telah menyalurkan kepada ribuan masjid, gereja dan tempat ibadah lainnya hingga Vihara di 2022.

"Untuk BOTI, itu nilainya sebesar Rp2 juta untuk masjid (12 bulan) ada 3.300 masjid. Sedangkan, untuk gereja ada 1.379, guru sekolah Minggu dan kosternya juga dibantu, koster itu seperti marbot di masjid," ujar Aceng.

Sebelumnya pada Oktober 2021, Anies juga melakukan revitalisasi pembangunan Masjid Jami Al-Mansyur, Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat.

Baca Juga: Pengurus Gereja: Anies adalah Sosok Pemimpin yang Toleran

Di November 2021, Anies Baswedan ikut meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x