Kompas TV nasional peristiwa

Bertemu Komandan Armada Militer AS, Prabowo Bahas Modernisasi Pertahanan hingga Perang Rusia-Ukraina

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 19:18 WIB
bertemu-komandan-armada-militer-as-prabowo-bahas-modernisasi-pertahanan-hingga-perang-rusia-ukraina
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu dengan Komandan Armada Militer AS di kawasan Indo-Pasifik (US Indo-Pacific Command/USINDOPACOM) Laksamana John C Aquilino. (Sumber: Biro Humas Setjen Kemhan)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu dengan Komandan Armada Militer AS di kawasan Indo-Pasifik (US Indo-Pacific Command/USINDOPACOM) Laksamana John C Aquilino.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo dan John membahas modernisasi pertahanan yang termasuk pelatihan dan pendidikan hasil kerja sama Departemen Pertahanan AS dengan Kemhan RI.

Tak hanya itu, keduanya juga membahas isu dan tantangan di Laut China Selatan, strategi AS di kawasan Indo-Pasifik pada tahun 2022, dan perkembangan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Dalam pertemuan tersebut Menhan Prabowo juga menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh USINDOPACOM.

"Bantuan dalam bidang pertahanan maupun bantuan kemanusiaan yang diberikan pada bencana gempa bumi di Aceh, Padang, dan pencarian KRI Nanggala-402,” kata Prabowo dalam keterangan tertulisnya melalui Biro Humas Setjen Kemhan, Senin (21/3/2022).

Baca Juga: Bawa Surat dari Jokowi, Prabowo Temui Pangeran MBZ, Ini yang Dibahas

Sebagai informasi, Indonesia dan AS telah menjalin kerja sama pertahanan sejak tahun 1950.

Selanjutnya pada Oktober 2020, Indonesia dan AS telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai bidang.

“Salah satunya di bidang pendidikan dan pelatihan untuk Taruna atau Kadet TNI di berbagai lembaga pendidikan militer di AS,” katanya.

Selain itu, kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS juga mencakup dialog dan konsultasi bilateral tentang isu-isu keamananan bersama, peningkatan Sumber Daya Manusia.

Kemudian, pengembangan kapasitas keamanan maritim, kerja sama logistik dan persediaan militer, kerja sama maritim, pengadaan pertahanan dan penelitian dan pengembangan bersama, profesionalisme personel, kerja sama operasi dan pelatihan pemeliharaan perdamaian, hingga bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, serta penanganan ancaman transnasional.

Baca Juga: Temui Presiden Prancis Emmanuel Macron, Menhan Prabowo Bahas Pembelian Jet Tempur dan Kapal Selam

Dalam kesempatan tersebut Menhan Prabowo didampingi oleh Wamenhan RI M. Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Asisten Khusus Menhan I Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Asisten Khusus Menhan IV Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason, dan Kabainstrahan Kemhan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo.

Sedangkan Admiral John C. Aquilino didampingi oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia H.E. Mr. Sung Y. Kim, Foreign Policy Advisor Jennifer C. Galt, Atase Pertahanan AS untuk Indonesia Col. Leo Liebreich, Commanders Action Group Dr Richard Berry, dan Executive Assistant Capt. (N) Gregory D. Newkirk.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x