Kompas TV nasional kesehatan

GDDPI Gelar Aksi Donor Darah dan Vaksinasi, Bukti Nyata Komitmen 8 Organisais Perempuan di Indonesia

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 16:18 WIB
gddpi-gelar-aksi-donor-darah-dan-vaksinasi-bukti-nyata-komitmen-8-organisais-perempuan-di-indonesia
Tahun ini, Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) kembali hadir dalam gelarannya yang ketiga sebagai satu upaya untuk mendukung pemulihan kondisi Indonesia selama pandemi Covid-19. (Sumber: GDDPI)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) kembali hadir sebagai satu upaya untuk menyokong terciptanya masyarakat Indonesia yang sehat.

Sebagai gelarannya ketiga, pada tahun ini, GDDPI pun masih menjadi bentuk komitmen bersama dari delapan organisasi perempuan pemerhati dunia kesehatan Tanah Air.

Mereka adalah Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation, Perempuan Jenggala, Pertiwi Indonesia, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), Perempuan Untuk Negeri (PUN), DWP Kemenko Perekonomian, Alumni SMA PSKD, serta Geronimo.

Lewat siaran persnya, Jumat (18/3/2022), Ketua Pelaksana GDDPI Vicky W Kartiwa menjelaskan, kali ini pihaknya tak hanya membawa misi kemanusiaan dengan menggelar aksi donor darah.

Baca Juga: Peduli Sesama, Organisasi Perempuan di Indonesia Gelar Aksi Donor Darah & Vaksinasi Covid-19!

Tapi juga mengintegrasikan kegiatan donor darah tersebut dengan sentra vaksinasi Covid-19, guna membantu pemerintah dalam usaha pemulihan kondisi akibat pandemi.

"Seperti tema yang kami gagas Mari Melangkah Bersama Untuk Indonesia yang lebih maju," terang Vicky, Jumat.

"Bersama kita kuat, bersama kita bisa, kami bersama delapan organisasi lainnya berharap bisa berkontribusi untuk Indonesia maju dan Indonesia pulih," imbuhnya.

Sementara, Ketua Bidang Pengembangan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat dr. Linda Lukitari Waseso mengungkapkan, tentu yang dicanangkan oleh GDDPI itu sangat berarti.

Baca Juga: Vaksinasi Berhadiah Minyak Goreng Gratis, Penerima Vaksin Dapat Satu Liter Setelah Disuntik

Sebab, PMI pernah mencatat, terdapat penurunan stok darah di sejumlah daerah selama pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Linda mendapati bahwa pasokan itu mengalami penurunan karena banyak orang yang khawatir datang ke PMI dan menyumbangkan darahnya.

Lebih lanjut, selain kegiatan donor darah dan sentra vaksinasi Covid-19, GDDPI juga memberi ruang dalam acaranya untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dengan demikian, GDDPI juga hendak membantu para pengegrak UMKM yang masih berusaha bangkit di tengah pandemi.

Untuk itu, pihak GDDPI sentiasa mengimbau masyarakat untuk ikut meramaikan setiap gelaran acaranya supaya semua lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam upaya pemulihan Indonesia.

Sebagai informasi, kegiatan GDDPI tahun ini berlangsung pada pertengahan Maret 2022 dan mengambil lokasi di City Hall, PIM 3, serta North Skywalk Pondok Indah Mall.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x