Kompas TV nasional politik

Kepala Otorita Bambang Susantono Gandeng Kejaksaan di Tim Transisi Pembangunan IKN Nusantara

Kompas.tv - 17 Maret 2022, 16:09 WIB
kepala-otorita-bambang-susantono-gandeng-kejaksaan-di-tim-transisi-pembangunan-ikn-nusantara
Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono didampingi Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Kamis (17/3/2022). (Sumber: Dok. Puspenkum Kejagung)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono mulai bekerja untuk membentuk tim transisi dalam pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. 

Lembaga yang pertama didatangi yakni Kejaksaan Agung (Kejagung). Bersama Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe, Bambang ingin lembaga tersebut masuk dalam tim transisi untuk mengawal dan mengawasi pembangunan IKN Nusantara.

Rencananya, tim transisi itu akan melibatkan seluruh Jaksa Agung Muda di Kejagung. 

Baca Juga: Jawab Kritik Soal Pembukaan Hutan untuk Pembangunan IKN, Jokowi: IKN berkonsep Kota Hutan!

"Dari awal kita ingin mengawal agar proses tata kelola dijaga dengan baik," ujar Bambang, di Kejaksaan Agung, Kamis (17/3/2022).

Bambang menambahkan Keterlibatan Korps Adhyaksa dalam pembentuk Otorita IKN ini diharapkan bisa memberikan kepastian hukum bagi para investor. 

Menurutnya ada tiga aspek untuk mengundang investor turut serta dalam pembangunan ibu kota baru, yakni Environmental, Social, and Governance (ESG).

Environment, sambung Bambang, berkaitan dengan aspek lingkungan dan perubahan iklim, sosial berkaitan dengan masyarakat. Government atau tata kelola pemerintah dalam membuat struktur dari proyek tersebut. 

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Setingkat Menteri, Apa Saja Tugas Bambang Susantono & Dhony Rahayu?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x