Kompas TV nasional peristiwa

Temui Presiden Prancis Emmanuel Macron, Menhan Prabowo Bahas Pembelian Jet Tempur dan Kapal Selam

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 13:20 WIB
temui-presiden-prancis-emmanuel-macron-menhan-prabowo-bahas-pembelian-jet-tempur-dan-kapal-selam
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto (RI) bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron membahas kelanjutan rencana pembelian pesawat jet Rafale dan kapal selam Scorpene. (Sumber: Dok. Kementerian Pertahanan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memenuhi undangan pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Istana Kepresidenan Élysée, Selasa (15/3/2022).

Berdasarkan siaran pers dari Kementerian Pertahanan, keduanya membahas tentang hubungan kerja sama pertahanan antara RI dan Prancis.

Adapun ini terkait kelanjutan rencana pembelian alat utama sistem senjata (alutsista) dari Prancis, yakni pesawat jet tempur Rafale dan kapal selam Scorpene.

"(Dalam) pertemuan tersebut dibahas mengenai kelanjutan rencana pembelian pesawat jet Rafale dan kapal selam Scorpene dari Prancis yang telah disepakati kedua negara pada 10 Februari lalu, dengan disaksikan oleh Menhan kedua negara di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta," demikian bunyi rilis dari Kementerian Pertahanan, Rabu (16/3).

Selain itu, RI dan Prancis juga sebelumnya telah menyepakati MoU kerja sama program offset dan transfer of technology antara Dassault dan PT Dirgantara Indonesia.

Kemudian MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group, dan kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron di Istana Kepresidenan Élysée, Selasa (15/3/2022). (Sumber: Dok. Kementerian Pertahanan)

Baca Juga: Di Istana Elysee, Menhan Prabowo Bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron

Sebelumnya, momen pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron ini juga telah dibagikan Prabowo lewat akun Instagram miliknya, @prabowo

Pada pertemuan itu, Prabowo tampak mengenakan setelan jas berwarna biru dongker, dasi berwarna merah marun, dan peci hitam. Sedangkan pakaian serba hitam dikenakan Macron.

Dalam foto yang diunggah tersebut, Prabowo menuliskan keterangan dengan dua bahasa yakni Prancis dan Indonesia.

Prabowo mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Macron karena telah mengundangnya ke Istana Élysée.

"Au nom du Ministère de la Défense de la République d'Indonésie, je remercie Monsieur le Président de la République Française Emmanuel Macron pour l'invitation de ce matin au Palais de l’Elysée," tulis Prabowo menggunakan bahasa Perancis.

"Atas nama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Perancis Emmanuel Macron atas undangan pertemuan pagi tadi di Istana Élysée," terjemahan kalimat tersebut.

Baca Juga: Pesawat Jet Tempur Rafale Dilirik Indonesia, Begini Spesifikasinya!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x