Kompas TV nasional peristiwa

Terungkap, Ini Alasan Jokowi Batal Ikut Konvoi Bareng Pembalap MotoGP

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 12:33 WIB
terungkap-ini-alasan-jokowi-batal-ikut-konvoi-bareng-pembalap-motogp
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya tidak ikut ikut melakukan konvoi bersama para pembalap MotoGP di Jakarta pada Rabu (16/3/2022). (Sumber: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya tidak ikut melakukan konvoi bersama para pembalap MotoGP di Jakarta pada Rabu (16/3/2022).

Jokowi mengaku sebenarnya ingin mengikuti parade tersebut. Namun karena alasan keamanan, dirinya tidak diperbolehkan Paspampres mengikuti iring-iringan tersebut.

"Saya tidak naik motor. Karena tidak diperbolehkan ikut (konvoi). Dari sisi keamanan. Jadi tadi saya lemes gitu," kata Jokowi dalam konferensi pers di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3).

Dorna Sport sebelumnya menyebut Jokowi akan melakukan parade bersama para pembalap MotoGP.

Namun, karena faktor keamanan, Presiden pun hanya melepas iring-iringan pembalap di depan Istana Merdeka.

Sebelum melakukan parade, para pembalap MotoGP yang akan berlaga di Mandalika ini melakukan audiensi dengan Jokowi. Mereka datang dengan mengenakan kostum lengkap balapan.

Baca Juga: Detik-detik Presiden Jokowi Kibarkan Bendera Start, Tanda Dimulainya Parade Pebalap MotoGP!

Jokowi yang mengenakan jaket merah bertuliskan G20 ini menyambut hangat Marc Marquez dkk, dan terlibat dalam perbincangan bersama mereka.

Usai menjamu para pembalap MotoGP, Jokowi kemudian mengajak mereka menuju halaman Istana Merdeka untuk melakukan sesi foto bersama.

Momen tersebut juga dimanfaatkan orang nomor satu di Indonesia itu untuk memamerkan motor custom kesayangannya kepada para pembalap MotoGP.

Selanjutnya, Jokowi melepas 20 pembalap MotoGP, Moto 2 dan Moto 3 dari Gerbang Istana Merdeka pada pukul 09.56 WIB.

Para pembalap melakukan konvoi dari Jalan Merdeka Utara hingga kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) menggunakan motor masing-masing.

Sebagai informasi, parade pembalap MotoGP di Jakarta ini merupakan rangkaian kegiatan sebelum para pembalap berlaga di MotoGP Mandalika yang berlangsung pekan ini.

Baca Juga: Tiba di Istana Merdeka, Presiden Jokowi Sambut Hangat Para Pebalap MotoGP

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x