Kompas TV nasional peristiwa

Perlengkapan Kemah di IKN Jokowi dan Rombongan dari Kalimantan Telah Dipersiapkan

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 10:08 WIB
perlengkapan-kemah-di-ikn-jokowi-dan-rombongan-dari-kalimantan-telah-dipersiapkan
Petugas persiapkan fasilitas dan sarana prasarana di lokasi berkemah Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. (Sumber: ANTARA)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan.

"Rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara," kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, seperti dikutip Kompas.com, Senin (14/3/2022).

Ia menyebut sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan.

Beberapa sarana dan prasarana itu meliputi fasilitas mandi, cuci, kakus atau MCK, jaringan telekomunikasi, listrik, air dan lainnya.

Selain itu telah dipersiapkan tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan Presiden selama menginap di kawasan titik nol.

Baca Juga: Usai Prosesi Kendi Nusantara di IKN, Presiden Jokowi Ucapkan Terima Kasih pada Seluruh Gubernur

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan selama menginap di IKN, Presiden Jokowi akan menggunakan tenda sederhana, namun tetap dijamin penuh keamanannya.

"Kami ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya, dan Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain, tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” kata Heru melalui keterangan resminya yang dikutip pada Senin (14/3/2022).

Heru menjelaskan akan turut menginap di kawasan IKN bersama dengan Presiden Jokowi, yakni para tokoh masyarakat, dan jajaran seperti Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, dan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Imam Sugianto.

Sebelum berkemah, Presiden Jokowi lebih dulu melakukan prosesi Kendi Nusantara atau penyatuan tanah dan air Nusantara yang dibawa dari 34 provinsi.

Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa tanah dan air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh gubernur dari masing-masing provinsi.

"Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah di mana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing dan budaya masing-masing," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya.

Nantinya para gubernur akan menyerahkan Presiden Jokowi untuk dituangkan di gentong yang sudah disiapkan menjadi satu dari 34 provinsi.

Selain itu, agenda lainnya Presiden Jokowi bersama 34 gubernur juga melakukan penanaman pohon khas dari masing-masing wilayah di kawasan titik nol IKN.

Baca Juga: Berkemah di IKN, Presiden Joko Widodo Dijaga 2.064 Personel TNI-Polri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x