Kompas TV nasional peristiwa

Berkemah di IKN, Presiden Joko Widodo Dijaga 2.064 Personel TNI-Polri

Kompas.tv - 13 Maret 2022, 22:06 WIB
berkemah-di-ikn-presiden-joko-widodo-dijaga-2-064-personel-tni-polri
Petugas persiapkan fasilitas dan sarana prasarana di lokasi berkemah Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. (Sumber: ANTARA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kegiatan menginap yang dilakukan Presiden Joko Widodo beserta seluruh gubernur se-Indonesia di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dijaga ribuan aparat.

Dalam keterangannya, Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pujo Rumekso mengungkapkan pihaknya menerjunkan 2.064 petugas.

"Kami sudah menggelar pasukan, jumalh keseluruhan yakni 2.064 orang, terdiri TNI, kemudian dari kepolisian, kemudian ditambah dengan unsur pemerintah daerah," jelas Teguh dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022).

Teguh melanjutkan pihaknya telah memulai penjagaan mulai dari kedatangan Kepala Negara dan gubernur dari bandara. Kemudian di lokasi hotel, menuju lokasi, hingga lokasi berlangsungnya acara.

"Segala kemungkinan kita antisipasi dari keberangkatan sampai di lokasi," ungkap Teguh.

Baca Juga: Momen Pengambilan Tanah dan Air di Bekas Kerajaan Majapahit untuk IKN

"Memang situasi kondisi sekarang adalah perubahan cuaca yang tidak menentu, seperti hujan. Kita berharap selama di IKN, cuaca bisa cerah," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto menyatakan perjalanan Presiden dari tempat penginapan hingga IKN akan dikawal.

Khususnya di daerah yang rawan karena kondisi jalan yang dinilai tak baik.

"Di jalan menuju lokasi tidak mulus, maka kita tempatkan polisi, TNI berseragam," jelas Imam.

"Kita ingatkan ketika melewati jalan dengan kontur yang tidak rata. Kalau tidak salah di km 60-an ada jalan amblas, tapi sudah diperbaiki. Pada prinsipnya kita siap," tutur Imam.

Baca Juga: Tiba di Kaltim, Ridwan Kamil Bawa Tanah dan Air dari 27 Wilayah di Jabar: Simbol Dukungan untuk IKN




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x