Kompas TV nasional berita utama

Firli Bahuri Kembali Dilaporkan, Pelapor: Kami Harap Dewas KPK Sanksi Firli Mundur dari Ketua KPK

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 09:29 WIB
firli-bahuri-kembali-dilaporkan-pelapor-kami-harap-dewas-kpk-sanksi-firli-mundur-dari-ketua-kpk
Ketua KPK Firli Bahuri (Sumber: YouTube KPK)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kembali dilaporkan ke Dewan Pengawas KPK atas dugaan pelanggaran kode etik pembuatan himne dan mars KPK yang dibuat oleh istrinya.

Pelapor adalah alumni Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020 KPK yang dipimpin oleh Korneles Materay.

“Pagi ini kita akan ke Dewan Pengawas untuk melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri, laporan terkait himne dan mars KPK yang dibuat istrinya,” ujar Korneles Materay kepada KOMPAS TV, Rabu (9/3/2022).

"Rencananya pukul 10.00 WIB kami akan melaporkan ke Dewas KPK," tambahnya.

Menurut Korneles, Firli Bahuri telah menunjukkan konflik kepentingan dengan menunjuk istrinya sebagai pembuat himne dan mars KPK.

Baca Juga: KPK Bela Firli Bahuri Beri Penghargaan Istrinya sebagai Pencipta Himne, Pengamat: Memalukan

Sebagai pemimpin lembaga hukum, Firli seharusnya bertindak sesuai dengan aturan dan prosedural yang berlaku dalam setiap kebijakannya.

“Ini kan tidak, secara substasi ini menunjukkan adanya konflik kepentingan, tidak sesuai dengan prosedural, UU administrasi pemerintahan, dan aturan KPK,” kata Korneles.

Terkait laporannya, Korneles berharap Dewas KPK mengambil sikap tegas atas dugaan pelanggaran yang dilakukan Firli Bahuri.

Menurut Korneles, sudah saatnya bagi Dewas KPK mengambil sikap tegas meminta Firli Bahuri mundur dari jabatan.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.