Kompas TV nasional peristiwa

Pertamina Pastikan Kebakaran di Kilang RU V Balikpapan Tidak Ganggu Pasokan BBM dan LPG

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 20:01 WIB
pertamina-pastikan-kebakaran-di-kilang-ru-v-balikpapan-tidak-ganggu-pasokan-bbm-dan-lpg
Lokasi kebakaran di kilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Jumat (4/3/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun gas LPG di Kalimantan tetap terkendali.

Area Manager Communication PT Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menjelaskan, meski salah satu pabrik pengolahan BBM mengalami insiden kebarakan, namun pabrik dan fasilitas produksi BBM lain tidak mengalami kendala serta masih beroperasi untuk memenuhi pasokan BBM maupun gas LPG.

Ely juga memastikan bahwa pasokan BBM dan LPG di Kalimantan tetap terpenuhi. Sebab, dalam satu kilang di RU V Balikpapan terdapat beberapa pabrik pengolahan BBM. 

Baca Juga: Kilang Minyak PT Pertamina di Balikpapan Kebakaran!

"Kebakaran ini hanya berdampak pada satu pabrik saja, untuk pabrik dan fasilitas lain masih berjalan normal," ujar Ely saat dihubungi KOMPAS TV, Jumat (4/3/2022).

Sebelumnya, Kilang PT Pertamina (Persero) area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, terbakar pada Jumat (4/3/2022) sekira pukul 10.32 WITA

Menurut Ely, kebakaran di satu pabrik ini bisa diantisipasi agar tidak menyambar kilang lainnya. 

Sekitar pukul 11.00 WITA, empat mobil pemadam serta pemadam statis yang ada di sekitar pabrik mampu mengendalikan kobaran api sehingga tidak meluas ke lokasi lain. 

Baca Juga: Kebakaran Terjadi di Kilang Minyak Pertamina Balikpapan, Penyebabnya Masih Diinvestigasi

Kebakaran juga tidak berdampak pada masyarakat di luar pabrik, karena lokasi kebakaran berada di tengah kilang. 

"Jadi hanya terkonsentrasi di pabrik yang terbakar saja, dampaknya ke pabrik lain tidak ada sehingga kita masih bisa melakukan produksi BBM. Pabrik yang terjadi kebakaran juga sudah kita shut down," ujar Ely.

Saat ini tim pertamina sudah diterjunkan untuk mengetahui penyebab awal mula kebakaran. Api juga sudah dipadamkan dan proses pendinginan sedang berlangsung. 

Baca Juga: Cerita Jokowi Pernah Bentak Dirut PT Pertamina karena Lambat Eksekusi Proyek Kilang

Terpisah, Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya juga memastikan pasokan BBM dan LPG di Kalimantan tidak terganggu akibat kebakaran salah satu pabrik di kilang RU V Balikpapan. 

PT Pertamina (Persero) juga memastikan penyaluran BBM tidak mengalami gangguan seiring adanya kebakaran di area kilang Balikpapan

"Tidak mengganggu," ujar Ifki, Jumat (4/3/2022) dikutip dari Tribunnews.com.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x