Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Jokowi Pernah Bentak Dirut PT Pertamina karena Lambat Eksekusi Proyek Kilang

Kompas.tv - 21 November 2021, 14:05 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita bahwa dirinya pernah membentak Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero).

Pasalnya, Jokowi menilai Dirut PT Pertamina lambat dalam mengeksekusi proyek kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Hal itu diungkapkannya saat memberi pengarahan pada komisaris dan direksi Pertamina dan PT PLN (Persero), Sabtu (20/11/2021).

Baca Juga: Jokowi Ungkap Boroknya Pertamina Hingga PLN: Saya Kadang Ingin Marah!

"Investasinya US$ 3,8 miliar sudah bertahun-tahun ini sudah sebelum kita sudah ada, kemudian ada masalah, belum jalan-jalan juga," ujar Jokowi dalam pengarahan yang digelar Sabtu, (20/11/2021).

Ia mengatakan perkara PT TPPI sudah menjadi perhatiannya sejak dilantik pada 2014. Bahkan, Jokowi menyebut kalau saat itu ia langsung memantau ke TPPI agar proyek dapat berjalan.

"Karena saya tahu, kalau karena saya tahu barang (proyek) ini kalau jalan, itu bisa menyelesaikan banyak hal. Barang substitusi impor ada di situ semuanya. Semuanya. Turunannya banyak sekali, seperti petrokimia, petrochemical, ada di situ," ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Emosi karena Proyek Kilang Pertamina yang Mandek!

Meski demikian, lanjut Jokowi, ketika dirinya terakhir kali ke TPPI, alasan yang sama dari terhambatnya proyek tersebut kembali mencuat.

Hal itulah yang pada akhirnya membuat dia membentak Dirut Pertamina.

"Sehingga waktu Bu Dirut saya ke sana yang terakhir, Bu Dirut cerita itu ya saya bentak itu karena memang benar, diceritain hal yang sama gitu lho. 'Bu, enggak enggak-enggak-enggak, saya enggak mau cerita itu lagi, saya sudah dengar dari cerita dirut-dirut sebelumnya.' Saya blak-blakan memang, biasa," ujar Jokowi.

Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x