Kompas TV nasional kesehatan

Pantangan Makanan bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 19:49 WIB
pantangan-makanan-bagi-penderita-kolesterol-tinggi-apa-saja
Ilustrasi olahan daging tinggi lemak yang menjadi pantangan bagi penderita kolesterol tinggi. (Sumber: Unsplash/Wesual Click)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi penderita kolesterol tinggi, penting untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Kolesterol sebenarnya diproduksi oleh hati secara alami untuk memproduksi hormon dan berperan dalam metabolisme tubuh.

Namun, gaya hidup yang buruk serta beberapa faktor lain menyebabkan produksi kolesterol tidak terkontrol hingga menumpuk. Inilah yang mengakibatkan sejumlah penyakit, seperti jantung koroner, serangan jantung, hingga stroke.

Baca Juga: 5 Manfaat Rebusan Daun Suji, Obat Sakit Tenggorokan hingga Kolesterol

Oleh karena itu, penting untuk menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi agar kolesterol dalam tubuh tetap stabil.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan makanan yang mengandung lemak tak jenuh sebagai pendekatan diet paling efektif.

Melansir Cleveland Clinic, Senin (28/2/2022), para ahli merekomendasikan untuk membatasi atau menghindari makanan tinggi kolesterol berikut ini.

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi

1. Susu tinggi lemak

Susu murni, mentega, yoghurt, dan keju mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sebaiknya batasi konsumsi keju maksimal 3 ons per minggu.

Ahli juga merekomendasikan untuk memilih jenis keju, seperti keju swiss atau mozarella untuk memasak. Pilihlah susu nonlemak untuk mendapatkan asupan kalsium.

Untuk minyak, cobalah untuk beralih ke minyak zaitun atau minyak alpukat.

2. Daging merah



Sumber : Cleveland Clinic


BERITA LAINNYA



Close Ads x