Kompas TV nasional update corona

Indikator Pandemi Menunjukkan Perbaikan, Lebaran Tahun ini akan Berbeda dengan Sebelumnya?

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 09:28 WIB
indikator-pandemi-menunjukkan-perbaikan-lebaran-tahun-ini-akan-berbeda-dengan-sebelumnya
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual PPKM. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah indikator mengenai pandemi Covid-19 diklaim terus menunjukkan perbaikan, dan diharapkan situasi lebaran 2022 mendatang akan berbeda dengan dua tahun sebelumnya.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, kasus Covid-19 secara nasional diprediksi akan menurun dalam satu hingga dua pekan mendatang.

Bahkan, saat ini, tren kasus Covid-19 di Indonesia memang mulai melandai, namun itu masih hasil dari penurunan kasus Covid-19 di sejumlah provinsi besar saja.

"Provinsi-provinsi besarnya seperti DKI Jakarta dan Banten sudah menurun. Jawa Barat, Jawa Timur sudah sampai di puncak. Jawa tengah juga sudah melandai,” kata Budi dalam keterangan virtual selepas rapat terbatas tentang PPKM dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (27/2/2022).

“Saya rasa ke depannya dalam seminggu atau dua minggu ke depan, secara nasional akan turun," ujarnya.

Baca Juga: Di Tengah Wacana Wamenkes, Tambahan Dosis Vaksin ke-4 Perlu?

Provinsi lain yang juga mengalami penurunan kasus adalah Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Barat. Hal itu berdasarkan pemantauan 3 pekan berturut-turut.

Provinsi-provinsi lain, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat pun mengalami tren penurunan kasus dalam sepekan terakhir.

Meski demikian, pemerintah masih akan memantau konsistensi penurunannya hingga 2 pekan depan.

Budi juga mengimbau agar masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi dosis kedua agar segera menyelesaikan, agar herd immunity tercapai saat lebaran mendatang.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x