Kompas TV nasional update corona

Luhut Sebut Daerah PPKM Level 3 dan 4 Alami Peningkatan, Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 27 Februari 2022, 19:39 WIB
luhut-sebut-daerah-ppkm-level-3-dan-4-alami-peningkatan-ini-penyebabnya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut mulai pekan depan, capaian vaksinasi dosis lengkap akan menjadi syarat untuk menentukan level PPKM setiap daerah. (Sumber: Tangkapan layar video kanal Youtube Sekretariat Presiden RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut akan ada peningkatan kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 3 dan 4.

Hal ini, kata dia, disebabkan karena mulai pekan depan, pemerintah secara efektif menjadikan capaian vaksinasi dosis kedua (lengkap) menjadi syarat untuk menentukan level PPKM setiap daerah.

"Mulai minggu depan, pemerintah akan secara efektif memberlakukan syarat vaksinasi dosis kedua untuk menentukan asesmen tiap daerah," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Minggu (27/2/2022). 

"Hal ini menjadi salah satu penyebab peningkatan kabupaten/kota yang masuk ke level 3 dan 4," imbuhnya.

Kendati demikian, tren peningkatan ini diperkirakan bakal terjadi secara sementara.

Soal daerah mana saja yang akan menerapkan PPKM level 3, Luhut menyebut rinciannya akan tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan terbit Senin (28/2) besok. 

Baca Juga: Luhut: Mulai 1 Maret Karantina Cukup 3 Hari, Uji Coba Bebas Masuk Bali per 14 Maret

"Terkait asesmen level terbaru secara lengkap dapat dilihat melalui Inmendagri yang akan terbit pada 28 Februari 2022," ujarnya.

Luhut menambahkan, syarat vaksinasi dosis kedua untuk menentukan asesmen level mingguan setiap daerah telah berhasil mendorong percepatan vaksinasi dosis kedua baik ke masyarakat umum, maupun warga lansia di pulau Jawa.

Seperti diketahui, sebelumnya pemerintah juga telah menetapkan capaian vaksinasi dosis lengkap sebagai syarat penetapan PPKM level 1 dan 2.

"Sebelumnya 21 kabupaten/kota, yang tidak punya syarat dosis kedua secara umum jadi 7 kabupaten/kota. Selain itu, untuk lansia dari sebelumnya 26 kabupaten/kota, saat ini tersisa 10 kabupaten/kota. Jadi semua mengalami kemajuan," jelasnya.

Lebih lanjut Luhut memastikan pemerintah akan terus melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 agar Indonesia dapat segera masuk ke era endemi. 

"Pemerintah ke depan akan terus mengkaji, menerapkan kebijakan yang dapat mendorong tingkat vaksinasi ke level tertinggi agar semua pra kondisi endemi dari tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi dapat segera tercapai," tegasnya.

Baca Juga: Kabar Baik! Kemenkes Sebut Angka Kasus Covid-19 dan Keterisian RS Mulai Turun



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x