Kompas TV nasional politik

Pengamat Sebut Popularitas Ganjar Pranowo Baru Naik Saat Pandemi, Dulu Hanya Prabowo dan Anies

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 06:10 WIB
pengamat-sebut-popularitas-ganjar-pranowo-baru-naik-saat-pandemi-dulu-hanya-prabowo-dan-anies
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Sumber: kompas.id)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei sejumlah lembaga secara konsisten menyebut tiga nama tokoh yang keterpilihannya tinggi sebagi calon presiden. Mereka adalah Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Soebianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari popularitas Ganjar Pranowo untuk menjadi calon presiden baru naik setelah pandemi.

Hal ini dikarenakan perhatian publik di masa pandemi tidak lagi terpusat di Jakarta melainkan bergeser ke daerah-daerah lain yang penduduknya banyak seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca Juga: Uji Materi Presidential Threshold Ditolak MK, PPP: Setiap Capres Harus Dekati Parpol

“Setelah Covid eksposur yang tadinya terfokus di Jakarta, menyebar ke daerah-daerah lain yang penduduknya banyak,” kata Qodari saat menjadi narasumber di Program Rosi, Kompas TV, Kamis (25/2/2022).

Namun mengapa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa popularitasnya tidak terkerek pesat seperti Ganjar Pranowo?

Qodari menyebut popularitas Ridwan Kamil tidak melonjak seperti Ganjar, karena soal pilihan presiden, masyarakat Jawa Barat sudah terlanjur ”jatuh hati” pada Prabowo Soebianto.

“Jadi sudah sulit berpindah ke lain hati,” katanya.

Baca Juga: Giring PSI Mundur Jadi Capres 2024, Jokowi Dijadikan Alasan

Seperti diketahui, pada Pemilu Presiden 2019 lalu, pasangan Prabowo Soebianto dan Sandiaga Uno unggul di Jawa Barat atas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amien dengan perolehan suara hingga 59 persen lebih.

Sementara, Joko Widodo lebih unggul atas Prabowo di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Namun karena pada Pemilu 2024 mendatang Joko Widodo kemungkinan besar tidak mungkin lagi mengikuti kontestasi pemilihan presiden, maka publik di dua provinsi tersebut mencari sosok yang diidentifikasi serupa dengan Jokowi.

“Kebetulan ada banyak persamaan latar belakang antara Pak Jokowi dan Ganjar Pranowo,” ungkap Qodari.

Baca Juga: Deklarasi Ijtima Ulama Dukung Sandiaga Uno Capres 2024, Pakar Ingatkan Potensi Politisasi Agama

Dia mencotohkan Jokowi dan Ganjar sama-sama suku Jawa dan berasal dari Jawa Tengah.

Selain itu keduanya adalah sama-sama berlatar belakang kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

“Kita tahu Jawa Tengah itu basisnya PDIP. Memang Ganjar itu pemilih Ganjar terkonsentrasi di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang notabene basisnya Pak Jokowi,” ungkapnya.

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x