Kompas TV nasional berkas kompas

Pahlawan Devisa Berdaya Memajukan Desa (3) BERKAS KOMPAS

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 07:46 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Desa Dukuhdempok di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur menjadi desa percontohan Desa Peduli Buruh Migran atau Desbumi.

Sejak tahun 2017, perangkat desa Dukuhdempok menginisiasi sejumlah program bersama Migrant Care guna melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari praktik eksploitasi, diskriminasi, perbudakan dan perdagangan manusia. Pemberdayaan purna PMI menjadi program untuk menggerakkan ekonomi desa.

Sugiyati adalah salah satu PMI dari Desa Dukuhdempok yang menerapkan program pemberdayaan tersebut. Ia berhasil berdikari lewat wirausaha selada hidroponik pasca menerima pelatihan dan pemberdayaan untuk purna PMI oleh Migrant Care tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Ia bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) di Singapura pada 2009 lalu. Beban ekonomi pasca perceraian menjadi motivasi utama Sugiyati memutuskan menjadi PMI.

Kini, Ia telah mampu mengembangkan bisnis hidroponiknya dan meraup keuntungan hingga Rp 3 juta per bulan.

Namun, bagaimana dengan daerah lainnya dalam menerapkan kepedulian untuk perlindungan dan pemberdayaan pekerja migran? Simak jawabannya dalam Berkas Kompas episode DERETAN MASALAH PEKERJA MIGRAN bagian ketiga berikut ini!




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x