Kompas TV nasional gaya hidup

Inilah Manfaat Tidur Peluk Guling untuk Kesehatan

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 07:40 WIB
inilah-manfaat-tidur-peluk-guling-untuk-kesehatan
Ilustrasi - Manfaat tidur dengan memakai guling (Sumber: Grid.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV – Tidur dengan menggunakan guling ternyata mempunyai banyak manfaat. Masyarakat di Indonesia dalam hal ini yang paling familier dengan guling. Bahkan, jika tidur tanpa memeluk guling akan terasa kurang nyenyak.

Lalu, apa saja menfaat dari menggunakan guling saat kita tidur? Berikut penjelasannya. 

1. Membantu atasi dengkuran

Beberapa orang mempunyai masalah tidur dengan dengkuran yang mengganggu. Berdasarkan beberapa penelitian, tidur dengan posisi telentang bisa meningkatkan kemungkinan mendengkur.

Hal tersebut karena saat tidur telentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak dalam mulut menutupi dinding tenggorokan, sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur.

Salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan adalah tidur dengan posisi menyamping. Nah, supaya tidur menyamping bisa bertahan sepanjang malam adalah dengan menggunakan guling.

2. Mencegah sakit punggung

Memeluk guling dengan posis megapitnya dengan kedua lutut yang menekuk dapat membuat tulang belakang tetap dalam keadaan lurus. Selain itu, tidur pakai guling juga akan meringankan tekanan pada tulang belakang dan tulang pinggul yang menopang tubuh.

Tidur pakai guling juga akan memperbaiki dan memperlancar sirkulasi darah ke kaki sehingga mencegah ketegangan otot, sakit lutut, serta kaki pegal. Alhasil, tidur memeluk guling bisa membantu tidur lebih nyaman dan nyenyak. 

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Hotel Tidak Menyediakan Guling



Sumber : Kompas TVkompas.com/grid.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x