Kompas TV nasional berita utama

Deretan Persiapan yang Dilakukan Jelang Rencana Kemah Jokowi di Titik Nol Ibu Kota Negara Baru

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 07:58 WIB
deretan-persiapan-yang-dilakukan-jelang-rencana-kemah-jokowi-di-titik-nol-ibu-kota-negara-baru
Lokasi ibu kota negara yang baru di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Persiapan terus dilakukan terkait rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah di kawasan titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sejumlah sarana dan prasarana terus dipersiapkan, seperti lahan parkir, pembuatan pendopo dan anak tangga dari titik nol sampai parkiran.

Kemudian jaringan telekomunikasi, listrik, toilet dan kamar mandi secara bertahap sudah disiapkan.

Sekretaris Camat Sepaku, Penajam Paser Utara, Adi Kustaman, mengungkap saat ini pihaknya terus melakukan persiapan sarana prasarana pendukung untuk kegiatan berkemah Presiden Jokowi di kawasan IKN Nusantara.

"Sejumlah persiapan telah dilakukan pemerintah untuk menyambut keinginan Presiden Jokowi, sedangkan persiapan di lapangan waktunya tentatif," ujarnya, Jumat (18/2/2022).

Persiapan untuk menyambut Presiden Jokowi yang berencana berkemah di Kalimantan Timur itu bersinergi dengan pemerintah pusat yang dipimpin Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Jawaban Istana soal Rencana Jokowi Berkemah di IKN Baru: Masih Dibahas

Kendati begitu, hingga kini, Adi belum mengetahui kepastian kapan tepatnya Jokowi akan berkemah di lokasi IKN Indonesia yang baru.

Adi memperkirakan Presiden Jokowi akan berkemah di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut setelah penunjukan Kepala Otorita IKN Nusantara.

"Teknis belum dibahas, masih persiapan umum. Informasi menunggu badan otorita dibentuk, baru Presiden berkemah di lokasi IKN," kata Adi Kustaman.

Rencana Jokowi Kemah di Titik Nol IKN

Sebelumnya, rencana Presiden Jokowi berkemah di kawasan titik nol ibu kota negera yang baru pernah diungkap Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Menurut Isran Noor, rencana berkemah di titik nol itu disampaikan Presiden Jokowi saat rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, seusai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan, Senin, 31 Januari 2022.

Kala itu pertemuan tersebut hanya diikuti oleh tiga orang. Dirinya, Presiden Jokowi dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Rencananya saat berkemah, Presiden Jokowi akan mengundang para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis dan Jawa.

Salah satu acara yakni menampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim. Selain itu, akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN.

Isran menyatakan pihaknya telah meminta sekretaris daerah untuk berkoordinasi dengan sekretariat negara untuk mempersiapkan rencana Presiden Jokowi berkemah di titik nol kawasan ibu kota negara baru. 

"Pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian PUPR, TNI dan Polri," ujar Isran, Rabu, 2 Februari 2022.

Baca Juga: Gubernur Kaltim: Dalam Waktu Dekat Presiden Jokowi akan Berkemah di Titik Nol IKN

Baca Juga: Jokowi akan Kemah di Titik Nol IKN, Bappenas: Istana Bukan di Titik Nol 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x