Kompas TV nasional update corona

Kemenkes: Masyarakat yang Belum Vaksin Dosis Kedua Lebih dari 6 Bulan Harus Vaksinasi Ulang

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 14:33 WIB
kemenkes-masyarakat-yang-belum-vaksin-dosis-kedua-lebih-dari-6-bulan-harus-vaksinasi-ulang
Pihak berwenang Malaysia mengungkap sindikat pemalsuan sertifikat vaksinasi Covid-19 lain di negara bagian Trengganu timur laut, Kamis, 20 Januari 2022. Dalam kasus terbaru, status vaksinasi 1.223 orang di Trengganu diblokir petugas kesehatan karena memiliki sertifikat vaksinasi Covid-19 tanpa disuntik vaksin (Sumber: Straits Times)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dosis kedua dalam waktu lebih dari enam bulan untuk melakukan vaksinasi ulang.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.02.06/II/921/2022 tentang Pemberian Vaksinasi Covid-19 bagi Sasaran yang Drop Out yang diterbitkan Kemenkes.

Baca Juga: Masa Karantina Pelaku Pejalan Luar Negeri Akan Diturunkan Jadi 3 Hari, Jika Sudah Vaksin Booster

Adapun SE tersebut ditandatangani Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu pada 13 Februari 2022.

Dalam SE tersebut, Kemenkes mengungkapkan hingga 12 Februari 2022, vaksinasi Covid-19 dosis pertama telah diberikan pada 188.168.168 masyarakat.

Namun jumlah tersebut tak sama dengan vaksinasi dosis kedua. Berdasarkan catatan Kemenkes, vaksinasi dosis kedua baru diberikan kepada sekitar 135.537.713 orang.

Untuk itulah, diperlukan upaya lebih lanjut agar segera melengkapi vaksinasi primer bagi masyarakat yang belum mendapat dosis kedua (sasaran drop out).

Baca Juga: Luhut: Kalau Sudah Divaksin Lengkap dan Tak Ada Komorbid, Ya Jalan-jalan Saja

Kemenkes meminta sasaran yang mengalami drop out atau belum mendapatkan vaksin dosis kedua dalam waktu lebih dari enam bulan untuk melakukan vaksinasi primer ulang.

Adapun pelaksanaan vaksinasi ulang tersebut bisa menggunakan vaksin yang berbeda dari vaksin yang diberikan pertama kali.

Kemudian, bagi sasaran yang mengalami drop out dalam rentang waktu kurang dari enam bulan, maka dapat diberikan vaksin dosis kedua dengan merek yang berbeda, sesuai dengan ketersediaan yang ada di masing-masing daerah.

Baca Juga: Lansia 70 Tahun Antusias Ikut Vaksin Booster, BIN Kalsel Targetkan 6000 Dosis untuk Kota Banjarmasin

Kemenkes menyampaikan, saat ini ketersediaan vaksin Sinovac yang didistribusikan jumlahnya terbatas. Adapun peruntukkannya bagi anak usia 8-11 tahun.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x