Kompas TV nasional peristiwa

BOP PAUD dan Kesetaraan 2022 Tahap 1 Cair Mulai Februari Langsung ke Rekening Sekolah

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 12:52 WIB
bop-paud-dan-kesetaraan-2022-tahap-1-cair-mulai-februari-langsung-ke-rekening-sekolah
Ilustrasi uang BOP PAUD dan BOP Kesetaraan yang cair mulai Februari hingga Maret 2022 (Sumber: Antara)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan dana BOP PAUD dan Kesetaraan 2022 tahap 1 akan cair mulai bulan Februari dengan langsung ditransfer ke masing-masing rekening sekolah.

Menurut Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, memastikan paling lambat dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pendidikan kesetaraan tersebut bisa diterima sebesar 100 persen oleh pihak sekolah pada bulan Maret 2022.

"Pada tahun 2022, penyaluran dana BOP PAUD dan BOP Kesetaraan Tahap 1 mulai disalurkan ke satuan pendidikan bulan Februari dan 100% akan diterima bulan Maret," kata Nadiem Makarim dalam webinar Merdeka Belajar, Selasa (15/2/2022).

Nadiem menjelaskan, dana BOP PAUD dan BOP Kesetaraan akan langsung ditransfer ke rekening sekolah tanpa melalui pemerintah daerah (pemda). Hal ini dilakukan sebagai perbaikan dari persoalan keterlambatan yang terjadi sejak 2019.

"Sekarang kami memutuskan untuk mentransfer (Dana BOP PAUD dan BOP Kesetaraan) langsung kepada rekening sekolah tidak lewat pemda dulu," jelasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemendikbudristek, Nadiem menyatakan pada 2021, dana BOP PAUD dan Kesetaraan seluruhnya tidak diterima pada April. Melainkan ada keterlambatan hingga bulan Juli 2021.

Pada April 2021, dana BOP PAUD dan Kesetaraan baru diterima sebanyak 83 persen. Kemudian, pada Mei 2021 bertambah sebesar 13 persen. Lalu, bulan Juni 2021 sebesar 3 persen dan terakhir pada Juli sebanyak 1 persen.

Menurutnya, akibat keterlambatan itu sejumlah sekolah perlu menunggu waktu lama hingga mengharuskan kepala sekolah untuk meminjam atau menalangi bantuan kepada orangtua ataupun vendor.

Oleh karena itu, Nadiem menjamin perubahan kebijakan ini akan menjawab persoalan dan mengurangi keterlambatan terkait penerimaan dana BOP PAUD dan pendidikan kesetaraan.

Ia menjamin penerimaan dana BOP PAUD dan BOP pendidikan kesetaraan akan berhasil mengurangi keterlambatan hingga tiga minggu lebih cepat dibandingkan tahun 2019.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x